Tanya Dokter

  • Pemeriksaan visus mata

  • Dok saya mau tanya. Waktu saya mcu atau medical check up visus mata saya 3/4 kanan dan kiri. Saya menggunakan alat seperti microskop. Itu apakah normal dok? Karena saya sering baca rata rata per visus 4/6 atau 6/6 atau 5/6. Tidak ada yang per 4.

    Halo

    Pemeriksaan visus dengan hasil 5/6 atau 6/6 didapat melalui pemeriksaan menggunakan snellen chart, semacam poster di dinding yang memuat huruf dengan urkuran berbeda. Untuk pemeriksaan yang Anda lakukan dengan menggunakan semacam alat mikroskop kemungkinan besar itu adalah pemeriksaan untuk mengukur refraksi mata. Alat seperti mikroskop tersebut disebut autorefractors atau Aberrometers yang nantinya secara otomatis menampilkan semacam objek yang awalnya kabur menjadi jelas. Hasil pemeriksaan dengan alat ini menunjukkan ukuran resep kacamata yang dalam kasus Anda berarti 3/4, minus atau positif.

    Minus atau positif 3/4 pada hasil autorefractor tentu menunjukkan suatu kelainan. Pada usia muda yang biasanya menderita mata "minus" atau miopia (rabun jauh), hasil autorefractors ini menjadi dasar dokter untuk menentukan resep kacamata. Terkadang resep yang diberikan tidak selalu sesuai dengan hasil tersebut, semua tergantung pertimbangan klinis dokter spesialis mata.

    Baca artikel tentang pemeriksaan mata di sini.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil