Tanya Dokter

  • Menghindari makanan yang mengandung Vit K

  •  armita123
    Anggota
    Dok. Saya ada kekentalan darah dan rutin minum simarc 2 dua kali seminggu. Kata dokter saya, saya harus menghindari makanan mengandung vit K. Kalau tidak salah ingat karena vit K membekukan darah (?). Maksudnya bagaimana ya ? Apakah orang dengan darah yang normal tidak apa2 dengan makanan yg membekukan darah ? Terima kasih.

    Halo armita123, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Simarc adalah obat yang mengandung warfarin. Warfarin adalah obat yang berfungsi sebagai antikoagulan yaitu mencegah terbentuknya gumpalan darah beku di pembuluh darah. Warfarin diberikan pada kondisi-kondisi dimana terdapat risiko tinggi terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah, misalnya gangguan irama jantung (atrial fibrilasi), paska operasi ganti katup jantung, paska serangan jantung, serta paska operasi tertentu.

    Vitamin K merupakan antidot dari warfarin, artinya vitamin K akan menyebabkan kerja warfarin menjadi tidak efektif. Maksud dari pernyataan vitamin K membekukan darah adalah vitamin K memiliki peran dalam proses pembekuan darah, suatu proses yang hendak dihambat dengan meminum warfarin. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K bila dalam jumlah yang normal tidak akan mengganggu kerja obat ini. Bila dikonsumsi dalam jumlah besar baru akan dapat menimbulkan gangguan tertentu. Makanan yang mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi adalah sayur-sayuran hijau seperti kale, bayam, kangkung, selada, brokoli dan sayur hijau lainnya. Konsumsi dalam jumlah sangat banyak tidak direkomendasikan.

    Beberapa jenis minuman juga harus dihindari bila mengkonsumsi warfarin karena dapat meningkatkan efek obat ini dan dapat menyebabkan terjadinya perdarahan berlebihan. Hindari meminum jus cranberry serta alkohol saat anda mengkonsumsi warfarin.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia