Tanya Dokter

  • Vitamin yang baik untuk anak balita

  • Nutrisi tambahan untuk anak balita...selain susu dan asupan mkanan...vitamin pa yaa dok yg baik dan aman...sehat... Terima kasih dok sblmy

    Selamat Pagi, Terima kasih atas pertanyaannya. Anak memerlukan nutrisi yang seimbang agar tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Sebenarnya pemenuhan zat nutrisi ini jauh lebih baik bila bersumber dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Yaitu terpenuhi nutrien berikut:

    • Protein, sangat penting dalam tumbuh kembang. Sumber: <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">susu, telur, makanan laut, daging, k</span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">acang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian</span>
    • Serat, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">mendukung kinerja pencernaan anak. Sumber: sayuran, buahan</span>
    • Kalsium, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi. Sumber: </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt. Selain itu, beberapa sayuran berdaun juga bisa menjadi sumber kalsium yang layak diprioritaskan</span>
    • Antioksidan, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">memiliki peran vital dalam memperkuat imunitas tubuh manusia. Sumber: </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">kacang almond, jeruk, bayam, tomat,</span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;"> wortel, buah beri, dan paprika</span>
    • Zat besi, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">peran zat besi bagi tubuh adalah membawa oksigen di dalam darah dan menjaga semangat anak-anak tetap terjaga. Sumber: </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">daging tanpa lemak, ikan, sayuran hijau gelap, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang diperkaya zat besi senantiasa bisa diberikan</span>
    • Asam folat, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak anak. Sumber: </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">asparagus, bayam, sereal biji-bijian utuh, buncis, lentil, kacang hijau, dan kubis</span>
    • Karbohidrat, sebagai sumber energi
    • Lemak, <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Sumber energi lain yang mudah disimpan dalam tubuh</span>
    • Berbagai vitamin dan mineral yang lebih rincinya dpaat dibaca pada artikel: Vitamin dan Mineral
    Jadi, berikanlah anak asupan makanan dan minuman yang mengandung nutrien tersebut, selain itu mengajak anak aktif bergerak juga penting dalam upaya menyehatkan tubuhnya. Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes