Tanya Dokter

  • Vitamin untuk menambah nafsu makan

  • hallo dok..usia saya 20th berat badan saya semakin menurun setelah saya sudah mulai bekerja, semenjak saya bekerja nafsu makan saya hilang melihat makanan pun terasa kenyang dan malas rasanya untuk makan. Sebelumnya bb saya 45kg dan sekarang bb saya turun menjadi 38kg saya sudah mencoba berbagai macam vitamin mulai dari jamu temulawak,susu, minyak ikan dan vitamin tablet dari apotik tapi tetap saja saya tidak nafsu makan, apakah ada dok vitamin yang bagus dan manjur selain yang saya sebutkan tadi? 

    terimakasih dok..

    Hai wini,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Nafsu makan seseorang dikendalikan oleh otak. Nafsu makan bisa menurun pada kondisi yang wajar, misalnya apabila Anda tidak menyukai suatu jenis makanan tertentu. Namun, pada beberapa kondisi, nafsu makan bisa juga berkurang sama sekali akibat adanya suatu penyakit, misalnya:

    • Tekanan psikologis, seperti saat stres, cemas, panik, takut
    • Pemulihan pasca sakit
    • Dispepsia (peningkatan asam lambung), misalnya karena gastritis, tukak lambung, GERD, kolangitis
    • Infeksi bakteri atau virus, misalnya demam tifoid, hepatitis, ISPA, tuberkulosis
    • Cacingan
    • Penyakit Crohn
    • Kanker (tumor ganas)
    • Anoreksia, bulimia, dan sebagainya

    Apabila dituruti, penurunan nafsu makan ini bisa membuat asupan makanan yang masuk menjadi sedikit dan pada akhirnya, berat badan pun akan menurun. Lebih lanjut, asupan makanan yang berkurang ini juga dapat mempengaruhi daya ingat, stamina, konsentrasi, dan performa seseorang dalam kegiatan sehari-hari.

    Melihat penurunan berat badan yang Anda alami cukup drastis, sebaiknya Anda memeriksakan diri terlebih dulu ke dokter ya.. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium, tes dahak, rontgen, atau USG.

    Sebagai langkah awal, untuk membantu meningkatkan nafsu makan, Anda bisa jalani langkah berikut:

    • Imbangi aktifitas yang padat dengan istirahat teratur 6-8 jam sehari
    • Perbanyak berolahraga 3-4x seminggu, misalnya jogging, renang, bersepeda, senam aerobik
    • Meski sedikit, makanlah secara teratur
    • Selingi jeda antara 2 waktu makan dengan camilan sehat, misalnya sayur, buah, cookies non MSG
    • Variasikan menu makanan sehari-hari
    • Senantiasa berpikir positif, jangan stres berlebihan
    • Jauhi rokok, alkohol, dan obat terlarang
    • Jika perlu, Anda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung ekstrak temulawak (curcuma) dan minyak ikan

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah