Tanya Dokter

  • Volume darah haid

  •  Katharina Eka
    Anggota
    Selamat malam dok, saya mau bertanya: apakah setelah mengkonsumsi postinor dapat mempengaruhi volume (banyak / sedikit) darah menstruasi yang dikeluarkan? Terimakasih

    Dear Katharina,

    Menstruasi dengan volume berlebihan dapat disebabkan oleh:


    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Dokter akan menelisik lebih dalam gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksan fisik. Pemeriksaan  penunjang seperti tes darah dan USG dapat dokter anjurkan dan lakukan. Terapi yang sesuai akan dokter berikan.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • jangan mengobati sendiri keluhan ini
    • jika perdarahan semakin banyak, waspadai bahaya anemia
    • miliki waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur
    • hindari aktivitas fisik yang berlebihan
    • manajemen stres dengan bijak


    Artikel yang dapat Anda baca:

    Menorrhagia

    Semoga bermanfaat

    dr. Rony Wijaya