Tanya Dokter

  • Ciri-ciri kehamilan blighted ovum

  •  Fanda
    Anggota
    Selamat siang dok. Nama saya fanda. Langsung saja ya dok. Saat ini saya hamil yang seharusnya uk 8 minggu, tetapi 3 hari yang lalu saya periksa dan di usg hanya baru berusia 6 minggu. Dokter kandungan saya menyatakan kalau kandungan saya lambat berkembang. Beliau tidak lantas menyatakan sy mengalami bo, beliau hanya memberi saya resep dan menyuruh untuk periksa kembali 2 minggu lagi. Lalu kemarin saya mengalami flek yang mulai dari biasa hingga pagi ini darah flek menjadi lebih kental. Saya putuskan untuk periksa, tetapi pada dokter kandungan yang berbeda. Dokter kandungan yang kedua ini langsung menyatakan kalau saya bo, dan darah kental yang keluar itu merupakan tanda. Jujur saya shock sekali karena ini memang kehamilan pertama saya. Dokter ini menyarankan langsung untuk kuret. Tetapi saya jawab untuk memikirkannya dulu. Karena saya masih sedikit menaruh harapan pada waktu 2 minggu yang diberikan dokter kandungan yang pertama. Menurut dokter, jika saya menunggu 2 minggu untuk periksa lagi di dokter kandungan yang pertama, sedangkan darah kental masih terus keluar. Apakah aman bagi saya dan janin?

    Hallo Ibu Fanda

    Kedua dokter tentunya memiliki pertimbangan klinis masing-masing, akan tetapi hasil pemeriksaan kehamilan bisa berbeda antara diperiksa tadi pagi dengan malam harinya dihari yang sama, apalagi jika jaraknya 2 minggu. Tentunya sudah semakin banyak kemungkinan yang terjadi dalam 2 minggu tersebut.

    BO atau blighted ovum adalah kondisi dimana sel telur yang telah dibuahi oleh sperma tidak berkembang menjadi embrio (sel awal kehidupan janin). Pada kondisi normal wanita hamil, sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim, kemudian sekitar 5-6 minggu akan muncul kantung kehamilan dan embrio seharusnya sudah ada pada periode ini, pada kondisi BO maka kantung kehamilan tersebut terbentuk dan tumbuh namun tidak ada embrio didalamnya.

    Kondisi BO dipengaruhi oleh karena adanya gangguan kromosom dan strukur genetik, bisa juga dikarenakan kualitas sperma atau sel telur yang kurang baik. Sehingga akhirnya menyebabkan pembelahan sel yang abnormal.

    Adapun tanda-tanda BO adalah, tanda-tanda kehamilan (test pack positif, tidak mens, payudara membesar, dsb) ditambahkan tanda-tanda keguguran seperti keram perut, adanya pendarahan atau bercak darah dari vagina, haid yang lebih berat dan lama dari biasanya.

    Meskipun gejala BO tersebut membantu mendeteksi seseorang mengalami BO, pemeriksaan USG merupakan pemeriksaan standar untuk mengkonfirmasi benar tidaknya terjadinya BO dengan melihat apakah kantung kehamilan tersebut terisi oleh embrio atau kosong.

    Jadi untuk mengetahui apakah kondisi kehamilan Anda dan janin didalamnya sehat/aman sebaiknya periksakan kembali ke dokter kandungan secara langsung, untuk dilakukan pemeriksaan kehamilan kembali.

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold