Tanya Dokter

  • Cara mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat

  • dok, bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang berminyak dan berjerawat ? apakah bisa menggunakan buah buahan??

    Halo,   Ya penggunaan buah buahan sebagai masker yang dibuat sendiri bisa membantu kondisi kulit Anda yang berminyak. Mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat di iklim tropis Indonesia memang sedikit membutuhkan ketelatenan dan trik yang baik. Jika Kulit wajah Anda sangat berminyak maka sangat disarankan untuk berhati hati memilih pelembab dan kosmetik keseharian Anda agar menghindari kulit wajah menjadi sangat berminyak dan menimbulkan jerawat dengan mudah. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan sebaiknya perhatikan antara lain adalah :

    1. Pilihlah sabun ringan yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat jika kondisi kulit Anda sangat berminyak.
    2. Cuci muka sewajarnya, yang disarankan adalah mencuci wajah 2-3 kali sehari dengan penggunaan sabun ringan dan air dingin atau suam kuku dan lakukan gerakan memutar saat membersihkan wajah.
    3. Hindari menggososk kulit terlalu kuat.
    4. Pilihlah pelembab oil free dan non comedogenik. Pemilihan pelembab akan menjadi sangat pribadi karena memiliki tingkat kecocokan yang tidak sama pada setiap orang, beberapa pilihan seperti pelembab yang mengandung teatree oil dianggap bisa membantu melembabkan wajah tanpa membuatnya semakin berminyak.
    5. Gunakan kertas minyak di saat tertentu, atau Anda bisa melakukan proses mencuci wajah pada siang hari untuk mengurangi kadar minyak pada wajah.
    6. Pilih kosmetik oil free.
    7. Tabir surya. Pilih dalam bentuk gel yang biasa baik untuk kontur wajah berminyak.
    8. Penggunaan masker pada malam hari 2 kali dalam seminggu, Anda bisa menggunakan masker lemon atau jeruk nipis, dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi