Tanya Dokter

  • Wajah bruntusan

  •  Wyndaanl
    Anggota
    dok, dua bulan yang lalu saya ke klinik kecantikan karena wajah saya berjerawat, tidak banyak, hanya di daerah pipi kanan saja dan di dahi. Tapi tidak hilang-hilang, bahkan bekasnya pun berwarna gelap dan jika dipegang itu keras. Setelah dua bulan jerawatnya berkurang, tapi masih ada bekasnya berwarna kemerahan. Satu minggu yang lalu saya memutuskan untuk tidak ke klinik tersebut lagi karena ada beberapa efek samping yang mulai muncul, seperti urat halus wajah terlihat, tumbuh rambut halus di wajah dan ketergantungan. Lalu saya memutuskan untuk menggunakan produk lokal kembali, tapi bukan yang pertama saya pakai karena dulu saya menggunakan produk untuk kulit normal. Sekarang saya mencari produk untuk kulit berjerawat. Pemakaian pencuci muka dan pelembab pada hari pertama tidak timbul efek apa apa. Tapi setelah satu minggu pemakaian, tiba tiba muncul bruntusan di daerah dahi dan hidung. Banyak dan berdempetan serta terasa gatal. tolong beri saya saran dok, menurut dokter sebaiknya saya menggunakan produk lain atau kembali ke klinik kecantikan lagi? Terima kasih dokter.

    Wynda yang  baik,

    beruntusan atau ruam pada wajah sebetulnya menandakan adanya reaksi radang lokal yang terjadi pada wajah. Reaksi radang ini memperbesar diameter pembuluh darah di daerahnya sehingga tampak kemerahan, dan perbesaran diameter pembuluh darah ini bertujuan untuk memudahkan transportasi dari sel-sel radang untuk mencapai tempat tujuan. Sel-sel radang inilah yang bertanggung jawab atas timbulnya serangkaian gejala tidak nyaman seperti rasa perih, panas, dan gatal di sekitaran wajah. Adapun kondisi radang ini pada dasarnya dipicu oleh banyak hal seperti :

    • pori-pori wajah yang tersumbat oleh produksi kelenjar minyak yang aktif, disertai kotoran dan debu
    • penggunaan produk perawatan wajah tertentu yang tidak cocok terhadap kulit sehingga malah mengiritasi kulit wajah
    • konsumsi makanan atau obat-obatan tertentu yang berimbas pada kondisi kulit yang mengalami semacam alergi

    Istilah yang tepat untuk perawatan wajah seseorang sebetulnya bukanlah ketergantungan. Seseorang sulit lepas dari produk perawatan wajah karena setiap produk perawatan wajah yang efektif adalah yang sesuai dengan kulit wajah seseorang. Yang menjadi masalah ialah kulit wajah seseorang terdiri dari beragam tipe yang masing-masing memiliki penanganannya sendiri disesuaikan dengan kondisi kulit wajahnya. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk secara rutin mengontrolkan kulit wajah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Berikut kami lampirkan artikel yang membahas lengkap mengenai jerawat. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief