Tanya Dokter

  • Mengatasi jerawat pada wajah

  • Siang dok saya berumur 21 tahun udah beberapa taun belakangan kulit saya terus timbul jerawat karna pake prodak yang di jual biasa ahirnya sanya konsul ke dokter kecantikan alhasil kulit memang jadi bagus lagi kaya dulu tapi berhubung karna setiap kali perawatan prodak abis itu mahal saya pengen balik lagi pake prodak pasaran biar biaya yang keluar lebih ringan kira kira prodak yang bagus itu apa ya dok? Terimakasih

    Hai Astri yang baik,

    Terimakasih atas pertanyaannya,

    Sebelum memutuskan untuk kembali ke produk kecantikan yang dijual bebas, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter kecantikan anda. Umumnya untuk berpindah dari produk kecantikan yang menggunakan resep dokter ke produk kecantikan dijual bebas harus dilakukan secara bertahap. Pastikan produk kecantikan yang anda pilih bersifat non-komedogenik, hipoalergik, aman dan telah terdaftar di BPOM.

    Misalnya bila anda mendapat beberapa krim dari dokter, salah satunya bersifat menipiskan atau menghilangkan lapisan luar kulit. Sementara krim lainnya berfungsi untuk memberi nutrisi kulit, membantu regenerasi kulit atau bersifat anti peradangan. Jadi bila ingin berhenti menggunakan krim dokter sebaiknya dilakukan secara bertahap, misalnya krim yang berfungsi sebagai eksfoliatif digantikan dengan scrub, kemudian pelembabnya dapat diganti dengan pelembab lain yang tidak komedogenik. Penghentian krim dokter ke penggunaan perawatan wajah yang ada dipasaran memang memerlukan waktu, sebab hal ini bertujuan untuk memberikan waktu yang cukup bagi kulit wajah untuk beradaptasi. Peralihan ini juga seringkali menimbulkan beberapa masalah pada kulit seperti kulit kering, jerawat, bersisik, dll. Namun, dengan berlalunya waktu dan tetap menjaga kebersihan wajah, gejala ini akan membaik. Mohon maaf kami tidak bisa memberi saran produk kecantikan mana yang bagus, sebab produk kecantikan yang satu bagus untuk seseorang belum tentu bagus untuk anda begitu juga sebaliknya (bersifat cocok-cocokan).

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah yaitu:

    1.      Jaga kebersihan wajah, tidak sering menyentuh wajah

    2.      Pilihlah produk perawatan wajah cocok dan aman serta terdaftar di BPOM

    3.      Konsumsi air putih dan buah yang cukup

    4.      Cukup istirahat

    5.      Tidak stress, dll

    Untuk informasi tambahan, anda dapat membaca artikel mengenai cara mencerahkan kulit untuk semua usia. Semoga membantu.