Tanya Dokter

  • Wajah gatal kemudian membengkak

  •  sarahs
    Anggota
    Dok, saya mengalami pembengkakan wajah, awalnya hanya gatal gatal seperti reaksi alergi, keesokan harinya membengkak dan terus membengkak sudah 2 hari, di bagian pipi hingga ke leher. Sebelumnya saya menggunakan obat acnol untuk mengobati jerawat, tiba tiba pipi gatal dan keesokan harinya membengkak. Kenapa ya dok? Dan apa obatnya? Terimakasih 😊

    Halo Sarahs, 

    Pembengkakan dan gatal pada wajah, terutama setelah menggunakan produk yang baru digunakan bisa disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi. Sebaiknya Anda menghentikan sementara penggunaan produk, mungkin Anda sensitif terhadap suatu zat pada produk tersebut. Obat tersebut bisa efektif, tetapi pada sebagian orang bisa menyebabkan alergi ataupun iritasi karena jenis kulit berbeda-beda.

    Bengkak kemerahan dan gatal tersebut harus benar-benar dilihat secara langsung untuk menentukan penyebabnya. Sebaiknya Anda segera ke dokter untuk menentukan penanganan yang sesuai. Jika memang disebabkan oleh alergi/iritasi, dokter dapat memberikan pengobatan berupa salep untuk meredakan gejalanya. 

    Untuk menangani jerawat, memerlukan kesabaran dan kedisiplinan, hasilnya tidak bisa instan. Agar penanganannya benar dan tidak menyebabkan efek negatif untuk Anda, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu agar pengobatan bisa diberikan sesuai dengan kondisi Anda. 

    Agar jerawat tidak semakin parah, berikut yang dapat dilakukan: 

    • Tidak memencet jerawat ataupun memegangnya berlebihan
    • Membersihkan muka sewajarnya dengan air atau sabun yang disarankan oleh dokter Anda, tidak perlu menggosok terlalu keras
    • Menggunakan tabir surya jika akan beraktivitas di luar rumah
    • Makan makanan sehat gizi seimbang, cukup istirahat dan kendalikan stress

     

    Semoga bermanfaat, 

    dr. Mega