Tanya Dokter

  • Pengaruh konsumsi obat TBC saat menstruasi

  •  Dewi Andini
    Anggota

    pagi dok,saya seorang yg baru ini d nyatakan trkena penyakit tbc,saya baru menjalani brobat baru 1 minggu,tp saat itu saya datang haid, apa tidak bahayakah bila mengkonsumsi OAT yg saya jalani,,sebelumny saya tidak tau klo saya trkena pnyakit tbc,batuk saya lumayan lama tp batuk kering,dan sama sekali tidak ada dahak ny,dan pas batuk saya kluar darah yg segar,dsitu saya merasa panik dan langsung datang k poli paru,dsitu saya d nyatakan tbc, tp alhamdulillah batuk darah saya sudah tidak lg,,nafsu mkan saya pun tinggi tp brat badan saya tidak stabil,mohon di jawab yah dok, trimakasih

    Dewi Andini  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Dewi, Tuberkulosis adalah penyakit paru yang disebabkan karena infkesi bakteri. Gejala tuberkulosis diantaranya yaitu batuk lama lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, penurunan berat badan, keringat malam, sesak napas, nyeri dada, demam sumer-sumer / sedikit demam, lemas, dll. Pemeriksaan untuk tuberkulosis adalah dengan tes dahak dan rontgen dada. Penanganan tuberkulosis adalah dengan obat anti tuberkulosis (OAT). Apabila Anda sudah didiagnosis tuberkulosis, maka Anda harus mengkonsumsi OAT sesuai anjuran dokter. Tuberkulosis bisa disembuhkan dengan konsumsi OAT yang benar sesuai anjuran dokter yang merawat. OAT dikonsumsi minimal 6 bulan. Pada 2 bulan pertama OAT dikonsumsi setiap hari tanpa boleh putus termasuk saat haid. Kecuali jika Anda sedang hamil atau menyusui, maka konsumsi OAT harus dikonsultasikan kembali dengan dokter paru yang merawat Anda. Dengan demikian, Anda tetap harus minum OAT sesuai jadwal yang diberikan oleh dokter meskipun Anda sedang haid. Setelah 2 bulan pengobatan, pada umumnya akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui perkembangan kondisi penyakit. Selanjutnya pengobatan OAT akan diteruskan dengan cara pemakaian yang berbeda dan disesuaikan dengan hasil evaluasi pengobatan Anda. Total lama pengobatan OAT minimal selama 6 bulan. Pengobatan bisa lebih lama jika teradapat kondisi khusus misalnya tidak ada respon positif, lupa minum obat dalam waktu tertentu, dll. Jika Anda mengalami efek samping OAT yang mengganggu, jangan menghentikan pemakaian OAT sendiri dan segera konsultasikan pada dokter yang merawat ya. Berikut informasi yang dapat Anda baca untuk menambah wawasan: Tuberkulosis / TB Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y

    Dewi Andini  Dewi Andini
    Anggota

    oh iyah dok trimakasih atas informasinya sangat membantu,, tp knpa yah dok awal nya saya nafsu mkan tinggi, tp setelah 1 minggu brjalan tiba" saya merasakan mual dan stiap di isi mkan muntah,, serasa trcium yg bau2 bawaan nya mual dan muntah,, apa itu reaksi OAT,, trus bisa trtular melalui muntah jg gk dok ,,selain kita buang dahak sembarangan,,

    Dewi Andini  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Dewi, Setiap obat memiliki efek samping termasuk OAT. Penurunan nafsu makan, mual, dan muntah bisa saja disebabkan karena efek samping OAT. Efek samping OAT lainnya selengkapnya bisa Anda baca pada diskusi Efek samping pengobatan TB. Jika Anda sangat terganggu dengan efek sampingnya, sebaiknya Anda kontrol ke dokter yang merawat agar bisa diberikan obat openunjang untuk mengurangi gejala efek samping yang timbul. Saat muntah sangat mungkin cairan muntah tercampur dengan air ludah, sedangkan kuman tuberkulosis ditularkan melalui droplet ataupun percikan ludah. Sehingga sebaiknya jika Anda muntah, sebisa mungkin lakukan di kamar mandi dan bersihkan muntahan Anda agar tidak beresiko menularkan pada orang lain. Semoga membantu ya, dr. Devika