Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk minum obat TB

  •  Resy
    Anggota
    Selamat malam dok . Sya mau tanya waktu yg tepat untuk konsumsi obat tb. Saya sedang menjalani pengobatan tb. Saya rutin konsumsi obat . Dokter meresepkan 1 kali sehari sesudsh mkn dan 1 kali sehari sebelum makan. Obat sebelum makan merk rifamtibi dan sesudah makan merk pehadexinforte dan neurosambe. Nah yg mau saya tanyain waktu yg paling tepat dan efektif saat minum obat itu kapan ? Harus pagi siang apa malam. Mohon solusinya dok . Terimakasih

    Hai,

    Rifamtibi merupakan obat golongan antibiotik yang berisi rifampicin yang dapat digunakan untuk pengobatan TB. Agar penyerapan rifampicin oleh tubuh maksimal, sebaiknya obat dikonsumsi saat lambung kosong, yaitu satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan. 

    Obat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan tersebut mengandung isoniazid, yang juga digunakan untuk pengobatan TB. Isoniazid sebaiknya dikonsumsi setengah jam sebelum sarapan atau dua jam setelah makan agar penyerapan obat maksimal. Jika lupa, obat dapat dikonsumsi setengah jam sebelum waktu makan makan berikutnya. 

    Anda dapat mengkonsusmi obat rifampicin pada pagi hari saat perut kosong, atau jika mual maka obat dapat dikonsumsi dua jam setelah makan. Kemudian pada siang harinya dapat mengkonsumsi obat TB yang lainnya.

    Sebaiknya konsumsi obat secara teratur. Usahakan untuk mengkonsumsi obat pada jam yang sama tiap harinya untuk memaksimalkan efeknya. Kontrol rutin ke dokter selama menjalani pengobatan agar dokter dapat mengetahui perkembangan kondisi kesehatan dan menyesuaikan dosis obat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 

    Halaman berikut membahas Pengobatan TB

     

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica