Tanya Dokter

  • Feses bayi berwarna abu kekuningan setelah diberikan susu formula

  •  Misna Ponao
    Anggota

    selamat pagi dok, saya mau tanya, bayi saya berusia 4 bulan saya memberikan sufor Danstart 0-6 bulan ketika bab warnax abu abu dan ada warna kuning tapi hanya sedikit. apa ini normal dok? apa saya harus mengganti sufor?

    terima kasih

    Misna Ponao  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Misna Ponao,

    Perubahan warna bab, kosistensi bab dan frekuensi bab dapat menjadi tanda adanya gangguan pada saluran pencernaan anak tetapi hal ini dapat bersifat biasa ataupun perlu diwaspadai. Warna tinja yang berubah menjadi keabu-abuan dapat disebabkan oleh apa yang dikonsumsi oleh anak. Warna abu-abu dapat disebabkan oleh zat besi dalam susu formula. Hal ini dapat juga disebabkan oleh beberapa hal seperti cara menyiapkan susu formula yang tidak sesuai takaran atau kadar zat besi yang tinggi di dalam kandungan susu formula tersebut. Selain itu juga dapat disebabkan oleh adanya masalah pada kandung empedu seperti misalnya infeksi yang ditandai dengan putih mata menjadi kekuningan.

    Selain menjadi abu-abu, bab anak juga dapat berubah menjadi kehijauan. Jika keluhan disertai perubahan konsistensi tinja, frekuensi bab yang menjadi lebih sering dan disertai gejala lain seperti muntah atau demam segera periksakan anak Anda pada dokter.

    Jika dalam beberapa hari bab keabuan masih tetap timbul dan mengganggu kebiasaan bab sebaiknya mengganti susu formula dengan kandungan zat besi yang lebih rendah dan periksakan anak pada dokter untuk menilai kondisinya. Perhatikan cara mempersiapkan susu formula, perhatikan kebersihan alat dan botol, dan tetap upayakan memberikan ASI karena ASI merupakan sumber nutrisi terbaik pada anak usia dini.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.