Tanya Dokter

  • keluar bercak darah disertai nyeri perut bagian bawah

  •  Ayu Annisaa
    Anggota

    Hai dok,mau tnya. Malm ini saya liat di cd sy. Ada darah bewarna cokelat. Ini darah haid atau bercak darah karena hamil? Dan apa warna darah pertama kali haid? Saya takut hamil karena di perut bg bwh sya nyeri

    Hai Ayu, Pada awal kehamilan sebagian wanita memang dapat mengalami perdarahan ringan yang disebut sebagai perdarahan implantasi, yaitu perdarahan yang terjadi pada saat penanaman janin pada dinding rahim. Perdarahan implantasi terjadi 7-14 hari setelah pembuahan dan berlangsung selama 1-2 hari. Baik perdarahan implantasi maupun darah haid keduanya dapat berwarna kecoklatan dan disertai dengan nyeri perut. Oleh karena itu sumber perdarahan yang terjadi tidak dapat ditentukan hanya dengan melihat warnanya. Anda dapat melakukan pengamatan selama beberapa hari ini, apabila disebabkan oleh menstruasi maka bercak darah/flek kecoklatan akan diikuti dengan pengeluaran darah haid seperti biasa. Namun bila hanya timbul flek coklat, selain akibat perdarahan implantasi, kondisi ini dapat pula diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab lainnya seperti:

    Apabila keluhan terus berlanjut ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat ditelusuri penyebabnya. Melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah, tes urine dan sebagainya) dokter akan menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Beristirahat cukup dan mengurangi aktivitas fisik yang berat
    • Konsumsi makanan bergizi
    • Menjaga berat badan ideal
    • Meminimalisir stres
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab timbulnya flek coklat Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman