Tanya Dokter

  • Telat menstruasi dan keputihan setelah mengosumsi obat wasir

  •  Ananda
    Anggota

    Sore dok.. Saya mau tanya. Sudah 1 tahun ini saya menderita penyakit hemeroid (wasir). Gejala yg paling sering terjadi itu sakit saat BAB dan nyeri jika duduk terlalu lama. 2 minggu yg lalu tiap kali saya bab itu selalu mengeluarkan darah berwarna merah segar, dalam seminggu itu saya 4x bab dan selalu mengeluarkan darah. Dan akhirnya saya konsul ke dr.penyakit dalam. Dr. tersebut menyarankan untuk dilakukan tindakan sklerotherapy dan saya diberikan beberapa obat ada yg dimasukkan ke anus dan ada juga yg namanya Cefspan. Setelah mengkonsumsi obat tersebut BAB saya tidak berdarah lagi, namun saat ini saya malah jadi telat haid dok. Terakhir saya haid itu tgl 3 juli, namun sampai saat ini saya belum haid lagi, padahal sebelumnya saya tidak pernah mengalami telat haid, justru yg sering terjadi itu haid saya selalu seminggu lebih awal dari tgl haid bulan sebelumnya. Apakah itu ada hubungannya dengan penyakit saya atau dengan obat yg saya konsumsi? Karna sudah seminggu ini pinggul,dada dan perut bagian bawah saya sering nyeri tetapi sampai saat ini saya belum haid dan sering terjadi keputihan. Dan setiap kali haid juga saya sering merasakan sakit yg tidak biasa seperti kebanyakan orang, dan juga tidak jarang rasa sakit itu menyebabkan rasa mules seperti ingin BAB namun tidak bisa BAB. Apakah itu juga termasuk gejala kista dok? Dan sebenarnya penyakit apa yg sedang saya derita saat ini ya dok? Mohon penjelasannya yaa dok. Terima kasih..

    Hai Ananda Salah satu gejala dari wasir adalah keluarnya darah setelah BAB akibat luka pada benjolan wasir tersebut disebabkan gesekan terutama BAB yang keras dan mengedan kuat. Cefspan berisi antibiotik jenis cefixime. Belum ada data yang mengatakan adanya hubungan antara antibiotik cefixime dengan keterlambatan menstruasi. Terlambat menstruasi yang sementara dan baru berlangsung, dapat disebabkan beberapa hal seperti:

    • Kehamilan bila sudah menikah
    • Ketidakseimbangan hormonal akibat:
      • Kelelahan fisik
      • Stres psikologis
      • Diet ketat
      • Peningkatan/penurunan berat badan berlebih
      • KB hormonal seperti suntik, susuk atau pil
    Untuk pastinya apakah adanya gangguan pada indung telur (ovarium) seperti kista diperlukan pemeriksaan USG pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Pada menstruasi dapat disertai nyeri, mulas, mual dan kram perut terutama 1-2 hari pertama, ini disebabkan oleh kontraksi rahim, peradangan serta hormonal. Namun bila nyeri berkepanjangan dan disertai gangguan siklus menstruasi sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter, untuk menyingkirkan adanya kemungkinan penyakit seperti: Berikut informasi mengenai gangguan siklus menstruasi dan penyebab nyeri menstruasi dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus menstruasi yang tidak normal. Penyebab nyeri menstruasi yang tidak tertahankan. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william