Tanya Dokter

  • Sering mimisan dan feses keluar disertai darah

  •  Nrh Arta Lina
    Anggota

    terimakasih dok, ini sangat membantu saya. saya mau tanya lagi, dari sd saya sering mimisan, kalau kepala pusing mimisan pasti datang sampai sekarang. terkadang juga alergi dengan udara di pagi hari, bagaimana cara penanganannya dok?

    dan dua bulan terakhir saat BAB, feses keluar disertai dengan darah, kadang darah menempel pada feses terkadang menetes. sebelumnya saya merasakan gatal di bagian anus dan di luar anus ada benjolan kecil, jika saya menggaruk akan terasa perih. dan sejak BAB keluar darah, benjolan di luar hilang namun saya mencoba meraba, ternyata di dalam anus terdapat benjolan kecil juga. apakah ini tanda tanda dari wasir dok? bagaimanakah penanganannya selain operasi? terimakasih dok….

    Hai, Mimisan memiliki banyak penyebab, yang tersering akibat dari udara yang kering, sehingga mukosa hidung kering dan menjadi mudah berdarah, maupun karena mengorek hidung terlalu dalam. Anda dapat membaca topik yang sama Penyebab mimisan Saat terjadi mimisan, usahakan untuk duduk tegak dan tidak berbaring. Condongkan tubuh ke depan sehingga darah mengalir keluar lewat hidung, tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah untuk memencet hidung sekitar 10 menit, sehingga dapat menekan sumber pedarahan. Kompres dingin pada pangkal hidung juga dapat memperlambat perdarahan yang terjadi. Bisa saja keluhan di daerah anus dan BAB disertai darah tersebut merupakan wasir. Wasir dapat memberikan gejala:

    • benjolan di daerah anus
    • BAB disertai darah
    • nyeri atau gatal di sekitar anus
    Penanganan wasir tergantung dari tingkat keparahan wasir tersebut. Diantaranya dapat diberikan obat krim atau salep yang mengandung kortikosteroid, pengikatan wasir, suntikan skleroterapi, maupun operasi. Halaman berikut membahas Pengobatan wasir Sebaiknya Anda periksa ke dokter dahulu. Pemeriksaan fisik yang dilakukan, termasuk untuk mengetahui kondisi wasir yang terjadi, serta tes penunjang seperti tes darah, dapat membantu untuk mengetahui penyebab dan langkah penanganan yang tepat.   Semoga bermanfaat, dr. Jessica