Tanya Dokter

  • Wasir untuk anak umur 6 tahun

  • Siang dokter..

    Anak saya umur 6 tahun perempuan, ada benjolan yg keluar saat BAB seperti wasir ya dok, tapi ini di deket lubang anus. Kalo ngga BAB, ngga ada benjolan itu dok.. makanan sdh sy perbanyak sayur dan buah spy mudah BAB, tapi tetep aja dok kalo BAB keluar benjolan itu, takutnya makin besar anaknya membahayakannya. Apa yang harus saya lakukan dok..

    Terima kasih dokter..

     

    Halo, Benjolan yang keluar hanya saat BAB kemungkinan besar adalah wasir/ambeien/hemoroid. Wasir disebabkan karena dinding pembuluh darah membengkak di daerah rektum atau anus. Wasir paling sering terjadi pada orang dewasa, tetapi beberapa anak kadang bisa mengalami kondisi ini juga. Penyebab timbulnya wasir paling sering adalah tekanan di area rektum atau anus, terutama ketika terjadi konstipasi, sering mengedan ketika buang air besar, sering menahan buang air besar untuk beberapa lama, atau tinja yang keras sehingga membuat anak harus mengedan untuk mengeluarkannya. Dari penyebab-penyebab tersebut, disarankan untuk tidak mengedan saat buang air, mengkonsumsi makanan serat tinggi dan minum air putih 2 liter per hari  agar tinja tidak keras, dan menghindari kebiasaan menahan buang air untuk mengurangi gejala wasir. Wasir dibagi menjadi beberapa derajat tingkat keparahan, yaitu:

    • derajat 1, pembengkakan terjadi di dalam anus dan tidak menimbulkan benjolan keluar
    • derajat 2, benjolan keluar tiap BAB tetapi dapat masuk dengan sendirinya
    • derajat 3, benjolan keluar tiap BAB dan harus dibantu dimasukan secara manual oleh jari tangan
    • derajat 4, benjolan tidak bisa masuk kembali ke dalam anus
    Pada derajat 1-2 biasanya gejala wasir dapat membaik dengan perubahan gaya hidup saja. Sedangkan pada derajat 3-4 kemungkinan penyembuhannya harus melalui operasi pengangkatan hemoroid. Gejala yang harus diwaspadai pada hemoroid pada anak selain rasa nyeri adalah kemungkinan hemoroid menyebabkan perdarahan. Bila perdarahan sering terjadi walau dalam jumlah sedikit, sebaiknya segera periksakan ke dokter karena anak-anak mudah jatuh dalam keadaaan anemia. Semoga membantu, terimakasih