Tanya Dokter

  • Penyebab anak rewel dan penakut

  • Malam.. Dok anak saya 1th .sudah hampir sebulan ini dia jadi anak yang rewel,penakut,dan mahal senyum.padahal sebelumnya dia sangat aktif,ceria.sekarang maunya ditemenin disampingnya.kalo saya geser sedikit langsung nangis.anak saya kenapa ya dok .gimana ngatasinnya biar anak saya bisa kembali ceria .makasih dokter.

    Halo Ibu, Ada berbagai penyebab anak rewel. Dari mulai penyebab fungsional hingga psikologis. Terkadang gangguan pada tubuh, seperti penyakit tertentu, rasa tidak nyaman dan keluhan lainnya, tidak dapat balita ungkapkan dengan baik, sehingga balita hanya dapat mengemukakan keluhan yang dirasakan dengan cara merajuk, rewel atau mengamuk (tantrum). Diperlukan anamnesis (wawancara) dan pemeriksaan langsung untuk menyingkirkan segala kemungkinan organik yang dapat menimbulkan keluhan yang Ibu sebutkan diatas. Jika tidak ada kelainan organik seperti penyakit, maka kemungkinan keluhan tersebut disebabkan oleh karena masalah psikologis. Berikut tanda rewel yang mengarah kepada gangguan mental:

    • Mengamuk (tantrum) setiap hari. Biasanya anak-anak mengamuk setiap seminggu sekali.
    • Tantrum dalam waktu yang lama, lebih dari 5 menit-- harus mulai diwaspadai
    • Tantrum dengan perilaku agresif, misalnya dengan menggigit atau menendang orang yang lebih dewasa.
    Ada baiknya Ibu dan anak mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan membantu menentukan apakah terdapat gangguan fisik pada anak Ibu. Dari pemeriksaan tersebut, barulah dokter dapat menentukan penanganan yang tepat. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha