Tanya Dokter

  • Penggunaan obat disertai dengan alkohol

  •  Reza Yuztian
    Anggota
    Malem dok. Maaf sya mau bertanya. Teman saya memakan zolpidem dicampur dengan alkohol. Efek samping apa yang akan terjadi? Trimakasih

    Hallo Reza Yuztian

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Zolpidem tartat merupakan jenis obat yang bisa menyebabkan efek hipnotik-sedatif atau membuat seseorang menjadi tertidur dan mengantuk. Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi kondisi insomnia, namun memang sering disalahgunakan pada orang-orang dengan gangguan tidur. Selain mengantuk, efek lain bisa ditimbulkan akibat penggunaan berlebihan dari zolpidem ini adalah sakit kepala, halusinasi, amnesia, dan keluhan lainnya karena memang obat ini merupakan obat yang bekerja langsung pada sistem saraf pusat. Karena potensi sedasi yang cukup kuat dari zolpidem, maka obat ini tidak boleh digunakan bersamaan atau berdekatan dengan konsumsi alkohol, dimana alkohol ini menyebabkan peningkatan efek sedasi (depresi atau penurunan kerja dari sistem saraf pusat). Akibatnya efek tertidur dari penggunaan obat ini bisa menjadi lebih panjang atau mungkin bisa timbul efek samping seperti penekanan atau depresi sistem pernapasan, sehingga pengguna obat ini menjadi kesulitan bernapas dan beresiko menyebabkan kematian.

    Jadi sebaiknya sarankan teman anda untuk tidak mengkonsumsi zolpidem bersamaan dengan alkohol dan jelaskan pada teman anda untuk tidak mengkonsumsi zolpidem tanpa resep dari dokter.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino