Konsumsi Obat Mulas Sesuai Penyebabnya

Mulas atau sakit perut biasanya berlangsung tidak lama, tetapi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Konsumsi obat sakit perut sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya, selain itu Anda juga dapat menggunakan obat mulas alami.

Sakit perut adalah rasa sakit yang terjadi di antara dada dan daerah panggul.

Mengenali Penyebab Mulas

Sakit perut dapat terjadi karena peradangan atau penyakit yang memengaruhi organ-organ di perut. Seperti usus, ginjal, usus buntu, limpa, perut, kantung empedu, hati, dan pankreas. Selain itu, virus, bakteri, parasit dan kram baik akibat cedera otot, olahraga berlebih, menstruasi juga bisa menjadi penyebab sakit perut.

Penyebab lain dari sakit perut meliputi sembelit, diare, gastroenteritis, sakit maag, muntah-muntah, stres, GERD (gastroesophageal reflux disease), penyakit Crohn dan intoleransi laktosa.

Jika sakit perut yang terjadi sangat parah, harus diwaspadai adanya gangguan yang tergolong serius akibat seperti usus buntu, batu kantung empedu, batu ginjal, dan infeksi ginjal.

Dalam menangani mulas, tentunya hal ini perlu disesuaikan dengan penyebabnya, dan untuk mengetahuinya maka Anda perlu memeriksakan diri pada dokter agar bisa ditentukan penanganan yang paling sesuai untuk Anda jalani.

Untuk mengatasi mulas karena gejala GERD biasanya menggunakan antasid atau pereda asam lambung. Kemudian, mulas untuk sembelit, diperlukan pelunak tinja atau obat pencahar.

Jika mulas diiringi dengan rasa sakit, Anda mungkin diberikan obat golongan acetaminophen untuk meredakan sakit. Hindari obat golongan OAINS (obat antiinflamasi non steroid) seperti aspirin, ibuprofen, atau naproxen karena dapat menyebabkan iritasi lambung atau perdarahan, kecuali memang diresepkan oleh dokter untuk kondisi tertentu.

  • Memanfaatkan Obat Alami Selain dari obat-obatan medis yang dikenal secara umum, ada beberapa jenis bahan alami, yang diyakini dapat menangani mulas, meski demikian, bahan-bahan dibawah ini, memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut secara klinis, untuk memastikan efektivitasnya bagi keluhan ini, dan perlu diingat bahwa bahan-bahan ini tidak menggantikan pengobatan medis yang diberikan oleh dokter Anda. Beberapa obat mulas alami di bawah ini dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada perut:
  • Jahe sebagai anti peradangan Manfaat jahe dipercaya efektif untuk mengobati beberapa jenis sakit perut. Jahe diketahui dapat mengurangi mual, diare, dan nyeri kolik. Tersedia dalam berbagai bentuk seperti minuman, suplemen, bahkan jahe alami yang dipotong-potong dapat Anda campurkan saat membuat teh untuk diminum. Dari penelitian yang ada ditemukan jahe dapat mengurangi nyeri, namun, untuk membuktikan efektivitas jahe dalam mengatasi keluhan ini, memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut.
  • Peppermint untuk pereda nyeri Kandungan mentol dalam daun peppermint dapat membantu mengurangi rasa mual dan sakit perut, sekaligus pereda nyeri seperti pada kram otot perut. Anda dapat mencoba peppermint dengan menyeduhnya dalam secangkir teh, atau dengan mengunyah langsung daun peppermint. Konsultasikan penggunaannya dengan dokter terlebih dahulu, dan bila keluhan berlanjut jangan ragu untuk periksakan diri ke dokter.
  • Mengonsumsi kombinasi pisang, nasi, saus apel dan roti panggang Kombinasi ini disebut juga diet BRAT (Banana, rice, apple sauce, and toast). Konsumsi jenis makanan rendah serat ini dapat membuat perut nyaman, sekaligus mengurangi mual atau diare. Hindari menambahkan garam atau bumbu yang dapat memicu mulas. Selama tidak memiliki alergi terhadap bahan makanan tersebut, Anda bisa mencoba pola makan ini ketika mual atau diare, karena tegolong bernutrisi dan aman dikonsumsi. Dulunya, diet ini direkomendasikan untuk anak-anak dalam masa pemulihan dari sakit perut, namun kini diketahui BRAT tidak mengandung cukup nutrisi untuk pemulihan, sehingga untuk anak-anak disarankan untuk kembali ke pola makan seperti biasa dalam 24 jam anak sakit.
  • Minum cuka apel secara hati-hati Rasa cuka apel tergolong kuat, meminum cuka apel secara langsung juga berisiko menyebabkan gangguan pada lapisan gigi dan saluran cerna, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan atau sebagai bahan campuran. Konsumsi satu sendok cuka apel atau campur dengan secangkir air dan satu sendok madu. Cuka apel dipercaya baik untuk menetralisir rasa mulas serta menjaga bakteri sehat dalam usus, sehingga membantu pencernaan, konsultasikan penggunaan cuka apel dengan dokter Anda terlebih dahulu, terutama bila Anda memiliki riwayat sakit maag berulang atau sedang dalam pengobatan, karena mungkin memperparah keluhan atau pun mengganggu kinerja obat.
  • Mengonsumsi buah dan sayuran Menyertakan konsumsi buah dan sayuran dalam pola makan, sebagai sumber serat akan dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi sakit perut akibat sembelit atau konstipasi, tidak lupa perbanyak konsumsi air mineral, minimal 2,5 liter perhari.
  • Menggunakan minyak kayu putih Meski penelitian klinis yang ada belum cukup membuktikan efektivitasnya, namun minyak kayu putih, terutama di Indonesia dikenal berguna untuk membantu mengurangi berbagai macam keluhan termasuk sakit perut dan mulas, umumnya digunakan dengan cara dioleskan pada permukaan kulit, dan sensasi hangat yang diciptakannya akan membantu menciptakan rasa nyaman dan mengurangi keluhan.
  • Menggunakan bantal atau botol pemanas Rasa hangat di perut dapat menenangkan dan mengalihkan perhatian Anda dari mulas. Kehangatan itu juga dapat membantu untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa mual, hal ini cukup berguna pada kondisi otot perut yang kelelahan akibat olahraga, aktivitas berat maupun kondisi lain seperti kram perut saat menstruasi. Sebaiknya hindari menggunakan bantal atau botol pemanas terlalu lama, karena dapat merusak kulit jika digunakan secara berlebihan atau terlalu panas.
Untuk meminimalkan risiko ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di antaranya makan makanan sehat, mengikuti pola makan nutrisi seimbang dengan menyeimbangkan asupan karbohidrat, protein, lemak dan serat, menjaga jam makan yang teratur, sering minum air mineral, olah raga secara teratur, makan makanan kecil yang sehat seperti buah atau oatmeal, mengikuti diet dari dokter jika Anda memiliki gangguan usus seperti penyakit Crohn, dan tidak makan dalam waktu dua jam sebelum tidur jika Anda memiliki GERD.

Beberapa jenis obat mulas di atas dapat Anda coba sesuai dengan penyebabnya. Tetapi segera hubungi dokter jika sakit perut berlangsung beberapa hari, mengalami mual, demam, terdapat darah pada tinja atau urin, nyeri saat buang air kecil, sulit bernapas, dan memiliki cidera pada perut.