Kulit Bersisik Tak Hanya Disebabkan oleh Kulit Kering

Kulit bersisik menandakan terkelupasnya lapisan kulit terluar dari epidermis Anda. Kulit yang terkelupas tersebut biasanya berbentuk serpihan-serpihan besar seperti sisik.

Semua orang tentu saja tidak ingin jika kulit halus dan lembut yang dimiliki berubah menjadi bersisik. Selain membuat kulit di tangan, kaki, wajah, atau area lain tampak kering dan pecah-pecah, kulit bersisik juga dapat menimbulkan gatal dan kemerahan. Dan bukan tidak mungkin kulit bersisik membuat penderitanya malu hingga memengaruhi kualitas hidupnya. Kulit bersisik bisa menjadi gejala berbagai gangguan kulit dan kondisi fisik tertentu, termasuk di antaranya:

Kulit Bersisik Tak Hanya Disebabkan oleh Kulit Kering - alodokter

Kulit kering

Kulit yang kering bisa membuatnya tampak bersisik. Kulit bersisik karena kering dapat dengan mudah dihilangkan dengan cara mengoleskan pelembap kulit terutama setelah mandi, mandi dengan air hangat, membatasi durasi mandi, hingga memakai pakaian yang terbuat dari serat alami seperti katun dan sutra.

Dermatitis kontak

Sejenis eksim yang dipicu oleh zat tertentu hingga menyebabkan kulit menjadi iritasi dan kering. Dermatitis kontak paling sering disebabkan karena iritasi oleh deterjen, sabun, pelarut, atau kulit terlalu sering terkena air. Kulit bersisik karena dermatitis kontak dapat disembuhkan dengan mengoleskan emolien atau pelembap kulit, mengaplikasikan salep atau krim steroid, atau minum obat tablet steroid.

Athlete’s foot atau tinea pedis

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh tinea pedis, yaitu ruam yang disebabkan oleh jamur yang biasanya muncul di antara jari kaki. Ruam tersebut bisa membuat kulit menjadi bersisik, kering, gatal, merah, pecah-pecah, atau melepuh. Tinea pedis biasanya tidak serius, tetapi harus segera ditangani agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain atau bahkan menular ke orang lain.

Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan bercak tebal, sakit, gatal, kemerahan, dan bersisik pada kulit. Psoriasis bisa muncul di kaki, tangan, wajah, punggung, kulit kepala, lutut, siku, dan bagian tubuh lainnya. Kondisi yang membuat kulit bersisik ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh bermasalah hingga membuat sel kulit berganti terlalu cepat, dari yang biasanya satu bulan menjadi hanya beberapa hari. Psoriasis biasanya menimpa orang dewasa dan terkadang diturunkan dalam keluarga.

Hypoparathyroidism

Kulit kering bersisik juga bisa menjadi gejala hypoparathyroidism, yaitu kondisi langka yang terjadi ketika kelenjar paratiroid di leher tidak menghasilkan cukup hormon paratiroid (PTH). Terlalu sedikit PTH membuat kadar kalsium rendah dan fosfor dalam tubuh menjadi tinggi. Hypoparathyroidism yang diketahui secara dini, kemungkinan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan serius. Namun, pemantauan dan pengobatan seumur hidup diperlukan untuk mengontrol penyakit ini.

Ichthyosis vulgaris

Kelainan kulit ichthyosis vulgaris bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Kondisi ini bisa diturunkan dalam keluarga dan lebih aktif di musim dingin. Untuk mengobatinya, cukup dengan mengoleskan krim dan salep dengan kadar pelembap tinggi segera setelah mandi, memakai sabun ringan yang tidak membuat kulit menjadi kering, atau bahkan memakai krim pelembap yang mengandung bahan kimia keratolitik seperti asam laktat, asam salisilat, dan urea.

Kulit bersisik jarang menjadi gejala keadaan darurat medis. Namun, jika kulit bersisik disertai dengan reaksi alergi parah, mual, muntah, demam tinggi, badan sangat lemah, dan tiba-tiba melepuh parah, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.