Kulit Wajah Kering Merusak Kepercayaan Diri

Memiliki kulit wajah yang halus dan kencang menjadi idaman banyak orang. Hanya saja, kulit berisiko kehilangan cairan akibat kondisi tertentu sehingga menjadikannya tampak kering. Untuk itu diperlukan perawatan khusus jika kulit wajah Anda kering.

Kulit kering ditandai dengan kurangnya kandungan cairan pada lapisan kulit. Kondisi ini bisa saja dialami oleh pria dan wanita. Umumnya makin bertambah usia seseorang, maka makin rentan mengalami kondisi kulit kering.

kulit wajah kering merusak kepercayaan diri - alodokter

Mempertahankan Kelembapan Kulit Wajah

Ada beberapa kebiasaan sebagai langkah perawatan kulit wajah kering yang dapat diikuti demi memperbaiki kondisi tersebut, seperti:

Basuh wajah dengan air biasa.

Hindari air panas karena dapat memperburuk kondisi kulit yang kering. Saat mandi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit.

Cermat memilih pembersih wajah.

Gunakan produk yang lembut dan tanpa tambahan pengharum.

Segera pakai pelembap setelah mencuci wajah.

Lebih baik memiliki pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering, dibandingkan bentuk lotion.

Pilih pelembap yang mengandung minyak alami.

Misalnya, pelembap dengan minyak zaitun atau minyak jojoba. Selain itu, bahan lain yang dapat membantu kulit kering seperti asam laktat, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

Gunakan pelembap dengan tekstur berminyak dan kental.

Sebelum membeli, coba oleskan di telapak tangan, jika menetes berarti belum cukup kental untuk kulit kering.

Waspadai produk tertentu.

Beberapa produk yang sebaiknya tidak digunakan untuk Anda yang berkulit kering, misalnya produk yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Menghindari Penyebab Kulit Wajah Kering

Selain melakukan perawatan kulit wajah kering, ada baiknya juga menghindari beberapa penyebab yang umumnya memicu hal tersebut, antara lain :

Kesalahan menggunakan pelembap wajah.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan pelembap saat kulit kering. Padahal produk itu bermanfaat maksimal, yaitu ketika digunakan saat kulit dalam keadaan lembap..

Mandi dengan air panas terlalu lama.

Hal ini dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Lebih baik pilih air hangat kuku dan keringkan dengan menepuk kulit, jangan menggosok berlebihan.

Sabun yang terlalu banyak.

Sebagaimana air panas, sabun juga dapat menghilangkan minyak alami kulit. Apalagi jika digunakan terlalu banyak.

Udara kering.

Ini merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, pendingin udara juga dapat memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit.  Jika perlu, manfaatkan alat pelembap ruangan.

Paparan sinar matahari.

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ataupun topi lebar yang melindungi wajah.

Obat-obatan.

Beberapa obat jenis tertentu memiliki efek mengeringkan kulit seperti obat untuk tekanan darah tinggi dan obat jerawat atau penyakit kulit lain.

Kondisi kesehatan tertentu.

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau mengalami penyakit tertentu. Misalnya, kulit kering dapat disebabkan perubahan hormon pada wanita paruh baya. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, hipotiroid, kurang gizi dapat menyebabkan kulit kering.

Kapan Harus Dilakukan Pemeriksaan?

Perubahan yang dilakukan sebagai perawatan kulit wajah kering kemungkinan terjadi setelah beberapa waktu. Namun, jika terjadi sebaliknya yaitu kulit semakin kering dan Anda merasa terganggu, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter atau dokter kulit.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan krim atau salep yang dapat membantu mengatasi hal tersebut. Selain itu, waspadai kemungkinan kulit kering sebagai menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Selain mengganggu penampilan, kulit wajah kering dapat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Lakukan perawatan kulit wajah kering dengan cermat. Pastikan Anda minum air yang cukup dan mengonsumsi banyak buah serta sayur-sayuran. Hindari kebiasaan merokok yang juga berdampak pada kulit. Pola hidup yang sehat akan membantu menjaga kesehatan kulit.