Kutu Air di Telapak Kaki, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Meski tergolong tidak serius, kutu air di telapak kaki tetap harus diobati agar infeksi tidak menyebar ke bagian tubuh lain atau bahkan menulari orang lain.

Kutu air merupakan ruam pada kulit di antara jari kaki atau telapak kaki yang disebabkan oleh jamur. Jika terkena kutu air, kulit akan terlihat memutih, kering, kemerahan, bersisik, lembap, pecah-pecah, gatal, sakit, dan melepuh. Kutu air bisa disembuhkan dengan salep, semprotan, gel, losion, atau krim oles antijamur yang mengandung clotrimazole, miconazole, terbinafine, dan tolnaftate selama satu hingga enam minggu. Namun, selain dengan obat berbahan kimia, kutu air di telapak kaki atau jari kaki juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Kutu Air di Telapak Kaki Ini Cara Mudah Mengatasinya - alodokter

Larutan cuka

  • Cuci kaki hingga bersih dengan sabun dan air hangat, lalu keringkan dengan handuk. Ingat, jangan gunakan handuk tersebut untuk bagian tubuh lain guna mencegah penyebaran jamur.
  • Campur satu cangkir cuka dengan 4 cangkir air.
  • Rendam kaki dengan larutan ini dua kali sehari agar kutu air di telapak kaki segera lenyap. Terakhir, keringkan kaki dengan handuk.
  • Jangan gunakan air larutan yang sama untuk rendaman selanjutnya.
  • Jika infeksinya kutu airnya sangat kecil, Anda cukup megoleskannya dengan kapas atau kain lap yang sudah dicelupkan dalam larutan cuka apel. Tekan kain atau kapas selama beberapa menit. Lakukan dua kali sehari selama 10 sampai 30 menit.

Bawang putih

Bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membantu mengobati kutu air di telapak kaki. Penelitian menunjukkan bahwa krim yang mengandung senyawa aktif ajoene dalam bawang putih diduga mampu mengobati kutu air. Beberapa ahli merekomendasikan untuk merendam kaki selama 30 menit dalam air yang sudah ditambahkan tiga atau empat siung bawang putih cincang. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan campuran dua siung bawang putih dan minyak zaitun secukupnya ke kulit yang terinfeksi. Jangan lupa menggunakan kapas atau cotton bud ketika mengoleskan.

Lemon

Asam dalam lemon mampu membunuh bakteri dan jamur pada kaki, sedangkan aroma lemon bisa membuat jari-jari kaki menjadi harum dan segar. Untuk mengobati kutu air di telapak kaki, Anda bisa mengoleskan dengan kapas campuran 60 ml air dan perasan jeruk lemon ke daerah yang terinfeksi beberapa kali sehari.

Garam

Larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat. Rendam kaki Anda dalam ke dalam larutan ini selama 10-15 menit.

Kayu manis

Kayu manis diduga dapat menghilangkan jamur penyebab kutu air di telapak kaki. Caranya, rendam empat atau lima batang kayu manis ke dalam sekitar 3,7 liter air panas. Kemudian, rendam kaki Anda selama beberapa menit.

Teh hitam

Asam tannic dalam teh hitam diduga bisa membantu melawan jamur dan menyembuhkan kutu air di telapak kaki. Rendam 6 kantung teh hitam celup ke dalam satu liter air hangat. Rendam kaki Anda dalam larutan teh atau oleskan larutan teh ke kaki dengan bola kapas beberapa kali sehari.

Untuk mengobati kutu air di telapak kaki, ingatlah untuk selalu menjaga kaki tetap kering agar kutu air bisa segera sembuh dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.