Kutu Rambut Manusia, Gejala dan Cara Mudah Mengatasinya

Kutu rambut tidak hanya membuat gatal kulit kepala, tapi juga dapat membuat rambut terlihat tidak sehat.

Kutu rambut manusia merupakan parasit kecil yang ada di kepala dan dapat menghisap darah manusia. Kutu rambut memiliki ukuran yang cukup kecil atau hanya sebesar biji wijen, dan memiliki enam kaki. Sedangkan telur kutu rambut biasanya akan sangat sulit untuk dilihat dan menempel di bagian rambut yang paling dekat dengan kulit kepala.

kutu rambut manusia, gejala dan cara mudah mengatasinya - alodokter

Kutu rambut ini hanya ada di manusia dan dapat menular hanya pada sesama manusia. Biasanya, kutu rambut ini terjadi pada anak-anak usia sekolah. Namun orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak yang memiliki kutu rambut juga berisiko tertular. Penularan kutu rambut dapat terjadi melalui kontak langsung antar kepala atau dapat juga terjadi karena menggunakan beberapa benda yang sama seperti sisir, handuk, pakaian, kasur, atau topi.

Kenali Gejalanya Terlebih Dahulu

Seseorang yang memiliki kutu rambut di kepalanya akan merasakan gatal di kulit kepala, kuping, dan leher. Gatal ini merupakan reaksi alergi yang ditimbulkan dari liur kutu rambut manusia. Jika seseorang merasakan gatal karena kutu, kemungkinan kutu sudah berada di rambut selama enam minggu.

Selain itu, jika seseorang memiliki kutu di rambutnya, biasanya telur kutu akan terlihat di helai rambut. Biasanya telur kutu akan menempel di rambut, meski kurang jelas karena ukurannya yang sangat kecil dan warnanya hampir mirip rambut. Telur yang kosong biasanya akan lebih mudah terlihat karena warnanya yang lebih cerah.

Dan yang pasti, jika terdapat kutu rambut, Anda akan menemukan serangga kecil seukuran biji wijen berwarna cokelat berjalan di bagian kepala.

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna mengatasi masalah kutu rambut:

  • Usir Kutu Rambut dengan Sisir Serit
    Cara mengatasi kutu rambut yang satu ini dapat dikatakan tergolong murah meriah. Pasalnya, Anda hanya memerlukan sisir serit yang bisa dibeli di pasaran. Pastikan untuk membasahi rambut sebelum menggunakan sisir serit. Dengan membasahi rambut, Anda dapat memperlambat pergerakan kutu, selain itu, kutu juga lebih mudah terlihat. Gunakan sisir serit yang memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm. Jika memakai sisir serit yang lebih sempit dapat membantu Anda menghilangkan telur kutu. Menghilangkan kutu rambut manusia dengan menggunakan sisir serit dapat dilakukan selama empat hari sekali hingga kutu benar-benar hilang.
  • Gunakan Obat Penghilang Kutu
    Ada beberapa produk yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutu di rambut. Misalnya larutan cyclomethicone dan isopropil miristat (diamkan selama 10 menit setelah penggunaan), gel semprot dimeticone 4% (diamkan selama 15 menit setelah penggunaan), dimethicone semprot dan minyak mineral (diamkan selama 15 menit), dan lotion dimethicone 4% (diamkan selama 8 jam setelah penggunaan). Pengobatan di atas biasanya dilakukan dua kali dengan jeda selama tujuh hari. Hal ini untuk memastikan kutu yang baru menetas juga bisa terbunuh. Pada hari ketiga setelah selesai menggunakan obat penghilang kutu rambut manusia, Anda bisa menggunakan sisir serit kembali guna memastikan apakah masih ada kutu rambut yang tersisa.

Kutu rambut manusia yang hinggap di kepala bisa sangat mengganggu kenyamanan karena rasa gatal yang ditimbulkan. Lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya.