Langkah Jitu Menyembuhkan Patah Tulang Tangan

Patah tulang tangan adalah kondisi patah atau retak pada tulang-tulang pergelangan maupun jemari tangan. Kasus patah tulang tangan yang sering terjadi disebabkan kesalahan penempatan posisi tangan atau pergelangan tangan ketika terjatuh.

Patah tulang tangan pada umumnya terjadi menimpa tulang kecil di ruas-ruas jari (falang) atau tulang panjang (metakarpal).

hand fracture_compress

 

Patah Tulang Tangan: Penyebab dan Gejala

Kontak langsung atau benturan tangan dengan benda lain dapat mengakibatkan patah tulang tangan. Dalam beberapa kasus, patah tulang tangan bisa disebabkan:

Terjatuh Terjatuh dengan posisi tangan terlebih dulu menyentuh tanah dapat meningkatkan risiko patah tulang.

Kecelakaan lalu lintas Korban kecelakaan lalu lintas parah berisiko mengalami keretakan tulang hingga pecah menjadi beberapa bagian. Penanganan medis dengan cara operasi dibutuhkan demi memperbaiki patah tulang tangan.

Tulang hancur (Crushing Injury) akibat Pemakaian Alat Berat Hal ini terjadi ketika jaringan terkena kekuatan yang bersifat menekan. Misalnya: ketika tangan terjebak di dua objek yang sangat berat.

Cedera olahraga Permainan bola basket, sepakbola, hoki dan gulat harus dilakukan dengan mengikuti peraturan yang berlaku demi meminimalkan terjadinya cedera. Selain itu, seseorang yang meninju sesuatu juga berisiko mematahkan tulang yang menghubungkan jari-jari tangan dengan pergelangan tangan. Jenis patahan ini disebut dengan Boxer’s fracture. Walau demikian, patah tulang jenis ini jarang dialami pada atlit petinju (boxer), tetapi lebih umum pada petarung yang kurang terlatih.

Kondisi patah tulang tangan sebaiknya ditangani sesegera mungkin agar bisa dipulihkan seperti kondisi semula. Apalagi jika Anda sudah mengalami gejala-gejala patah tulang tangan, yaitu:
  • Nyeri, memar, dan bengkak.
  • Posisi jari yang abnormal.
  • kekuatan yang melemah.
  • Minimnya pergerakan dan tidak selarasnya gerakan jari-jari tangan.
  • Tangan tidak mampu menggenggam.
Jenis-jenis patah tulang tangan dapat dibedakan menjadi patah tulang di buku-buku tangan, bagian bawah ruas jari, bagian tengah atau telapak tangan, , dan patah tulang tangan yang tidak berada di posisi yang seharusnya.

Langkah Jitu Penyembuhan Patah Tulang Tangan

Pada umumnya, kondisi patah tulang tangan, baik tingkat ringan maupun parah, harus mendapat pantauan dari dokter. Namun, tindakan pertolongan pertama masih dapat dilakukan demi mencegah patah tulang tangan makin parah.
  • Rasa sakit karena tulang tangan yang patah dapat dikurangi. Kompres tangan menggunakan es batu yang sudah dibalut kain demi meredakan bengkak dan sakit. Kemudian, istirahatkan tangan yang patah di bantalan yang empuk.
  • Immobilisasi yang berarti membatasi gerakan sangatlah penting untuk proses penyembuhan yang benar. Dalam hal ini, kemungkinan diperlukan gips, bebat atau kain gendongan khusus.
  • Jika terjadi pendarahan, gunakan lap bersih atau kain kasa untuk menghentikan perdarahan dengan menekannya di area yang terluka.
  • Segera lepaskan perhiasan atau aksesoris di tangan. Patah tulang dapat memicu bengkak sehingga perhiasan bisa tertahan dan sulit dilepaskan.
  • Anda dapat mengonsumsi obat-obatan pereda sakit, seperti ibuprofen atau acetaminophen sesuai petunjuk pemakaian di label kemasan. Jangan mengonsumsi obat-obat tersebut bila Anda menderita hipertensi, penyakit jantung, penyakit ginjal, tukak lambung, dan perdarahan internal. Untuk patah tulang tangan pada anak, jangan memberinya aspirin.
Anda dianjurkan segera berkonsultasi kepada dokter jika kondisi patah tulang tangan mengalami:
  • Terasa tegang dan sakit yang tidak tertahankan.
  • Geli atau mati rasa.
  • Muncul kemerahan, bengkak, dan luka terbuka pada tangan.
  • Sulit membuka atau menutup jari-jari tangan setelah bidai atau gips dilepaskan.
Dokter akan menggunakan perban dan bidai bagi penderita patah tulang tangan ringan. Dalam masa pemakaian bidai, Anda wajib memeriksakan diri secara rutin kepada dokter selama 1-3 minggu ke depan. Selama itu pula, hindari bentuk olahraga apa pun, bahkan disarankan hingga dua bulan setelah masa pemulihan.

Komplikasi Patah Tangan

Patah tangan dapat menimbulkan komplikasi walaupun hal ini jarang terjadi. Komplikasi tersebut berupa:

Kaku, nyeri dan keterbatasan gerakan. Kaku, nyeri dan sakit dapat hilang secara berangsur satu atau dua bulan hingga dua tahun setelah gips dilepas. Akan tetapi, rasa kaku dan nyeri tadi dapat menetap jika patah tulang yang terjadi terlalu parah. Bicarakan dengan dokter ahli untuk latihan yang dapat dilakukan demi mengurangi hal tersebut.

Kerusakan saraf atau pembuluh darah. Segera hubungi dokter jika Anda merasakan kebas atau mati rasa di daerah yang cedera.

Osteoarthritis. Patah tulang hingga ke sendi dapat menyebabkan artritis di masa yang akan datang. Jika pergelanagan tanagn atau tangan Anda mulai membengkak dan terasa sakit pasca sembuh dari cedera, segera hubungi dokter untuk diperiksa.

Dalam kondisi patah tulang tangan tertentu, terapi fisik mungkin diperlukan demi mengembalikan fungsi tangan seperti semula. Kasus patah tulang tangan parah akan membutuhkan tindakan operasi untuk menanamkan sekrup, kabel, atau piringan di area tulang yang patah. Tindakan ini dilakukan untuk patah tulang tangan terbuka, di mana tulang menembus kulit akibat kecelakaan. Konsultasikan setiap penanganan dengan ahli terkait.