Latihan Senam Wajah dan Mitos yang Menyertainya

Ingin wajah terlihat cerah dan segar, tidak melulu harus menggunakan krim dan perawatan wajah. Senam wajah bisa menjadi cara mudah untuk mendapatkan wajah yang segar dan pastinya tanpa menggunakan bahan kimia.

Tidak hanya tubuh yang membutuhkan senam. Wajah juga membutuhkan senam agar terasa lebih segar. Senam wajah tidak hanya diduga membuat Anda awet muda, tapi juga meningkatkan fungsi indera-indera kita, terutama indera penglihatan, penciuman, pendengaran, dan pengecap. Ini karena senam wajah membuat jalur saraf dari indera ke otak tetap sehat dan sekaligus melatihnya menerima rangsang sensorik dari gerakan otot wajah. Senam wajah juga digunakan sebagai terapi  Bell's palsy​ , pasca stroke atau trauma wajah yang mengakibatkan kelumpuhan otot wajah.

latihan senam wajah dan mitos yang menyertainya - alodokter

Berikut ini adalah beberapa cara mudah senam wajah yang bisa Anda praktikkan di rumah atau di mana pun.

Memulai Senam Wajah

Lakukan gerakan senam wajah berikut ini sebanyak 5 kali di setiap gerakan, dan agar gerakan senam wajah dapat dilakukan dengan mudah, lakukanlah dengan duduk di depan kaca.

  • Angkat alis sebelah kiri dengan menggunakan dua jari tangan kiri secara perlahan.
  • Tarik kedua bagian atas alis dari bagian dalam, ke ujung luar alis dengan menggunakan jari.
  • Kerutkan hidung Anda.
  • Ambil napas panjang melalui hidung kemudian buang dengan lubang hidung mengembang.
  • Gerakan kedua sisi ujung bibir ke arah luar dengan menggunakan jari. Setelah kedua sisi ujung bibir sudah membentuk senyum, lepas jari Anda dan tahan beberapa saat. Lalu lepaskan satu per satu, misalnya sisi kiri terlebih dahulu, kemudian sisi kanan.
  • Tekan kedua bibir Anda seperti sedang menjepit. Atau gunakan alat bantu seperti sedotan kecil yang dijepit di antara bibir.
  • Jepit ujung batang cotton bud atau sedotan kecil di salah satu sisi (kanan/kiri) mulut Anda, kemudian tahan hingga beberapa saat. Lalu lepaskan.
  • Gerakan mulut Anda hingga membentuk seperti Anda sedang mengucapkan huruf ‘U’.
  • Setelah tadi menarik dan menaikan kedua sisi mulut Anda, cobalah untuk menarik dan menurunkan kedua sisi mulut Anda.

Setelah melakukan senam wajah, Anda bisa memijat lembut wajah Anda dengan menggunakan minyak atau lotion agar otot wajah rileks.

  • Sebagai permulaan, tarik perlahan bagian kanan dan kiri leher Anda ke arah atas dengan menggunakan keempat jari dari kedua tangan Anda secara bergantian dan ulangi sebanyak 5 kali.
  • Pijat rahang dengan menggunakan keempat jari dari kedua tangan, lakukan dengan gerakan memutar dari kuping hingga dagu. Lakukan juga gerakan ini sebanyak 5 kali.
  • Pijat memutar daerah dagu Anda selama 2 menit dengan meletakkan kedua jempol di atas dagu dan kedua jari telunjuk di bawah dagu (seperti gerakan mencubit dagu).
  • Setelah itu, pijat bagian kedua pipi Anda dengan menggunakan empat jari secara memutar selama beberapa menit.
  • Pijat sekitar mata Anda dengan menggunakan jari manis selama 5 kali. Mulai dari ujung mata bagian pelipis, kemudian bagian bawah mata, lalu ke bagian dalam sudut mata, hingga ke area atas alis mata Anda.
  • Kemudian pijat kening Anda dengan menggunakan ujung-ujung jari dengan cara menjepit kulit kening di antara kedua ujung-ujung jari. Lakukan ini dari sisi kanan ke kiri dahi kemudian sebaliknya. Lakukan selama lima kali dengan gerakan zigzag.

Pastikan untuk melakukan semua gerakan di atas dengan lembut dan hati-hati.

Mitos Senam Wajah

Sebelum Anda melakukan senam wajah, disarankan pastikan terlebih dahulu apa tujuan Anda melakukan senam wajah. Karena meski dapat membuat wajah terasa segar, ada beberapa mitos senam wajah yang juga perlu Anda ketahui.

  • Senam wajah bisa meniruskan wajah
    Jika tujuan Anda melakukan senam wajah adalah untuk meniruskan wajah. Sebaiknya jangan terlalu banyak berharap. Meski melakukan senam wajah mungkin dapat mengencangkan otot, bukan berarti dapat membuat pipi tirus. Untuk mendapatkan pipi tirus perlu dilakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.
  • Senam wajah bisa mengurangi kerutan
    Sebagian orang mungkin percaya bahwa melakukan senam wajah bisa membantu dalam mengurangi kerutan. Tapi kenyataannya justru berbalik. Belum ada penelitian yang 100% menunjukkan bahwa senam wajah bisa membantu Anda dalam hal itu. Untuk mendapatkan wajah mulut tanpa kerutan tentu diperlukan cara lain seperti operasi, suntik botox, atau penggunaan krim wajah.

Cara lain untuk mengurangi kerutan adalah dengan mengonsumsi buah, sayuran, ikan yang mengandung omega 3, mengonsumsi cocoa atau cokelat, dan suplemen berbahan dasar kedelai. Selain itu, Anda perlu mengubah gaya hidup yang lebih sehat dengan tidur yang cukup, tidak merokok, serta menghindari matahari dan memakai krim pelindung matahari.

Selain melakukan senam wajah, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terasa segar juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat menunjang kesehatan kulit. Misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E, antioksidan, selenium, dan tentunya banyak minum air putih.