Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Rambut merupakan mahkota kecantikan bagi seorang wanita. Tapi sayangnya, beberapa kebiasaan yang niatnya untuk menjaga kesehatan dan mempercantik tampilan rambut justru bisa merusak rambut.

Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut terkadang bukan perkara mudah. Tidak jarang kita harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk kecantikan rambut. Padahal, ternyata kebiasaan sehari-hari yang tujuannya untuk merawat rambut justru bisa membahayakan kesehatan rambut. Akibatnya, rambut justru terlihat kusam, rontok, dan pastinya jauh dari cantik. Duh!

lima kebiasaan yang dapat merusak rambut - alodokter

Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Perhatikan beberapa hal di bawah ini. Bisa jadi ada salah satu kebiasaan Anda dalam merawat rambut yang justru merusak keindahannya.

  1. Sering keramas.
    Keramas memang hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Tapi, kalau terlalu berlebihan justru bisa merusak rambut dan menyebabkan kulit kepala gatal dan terasa seperti kencang. Tidak hanya itu, terlalu sering keramas juga bisa menghilangkan pelembap alami rambut Anda.
  2. Jarang keramas.
    Jika keseringan keramas bisa membuat kulit kepala terasa gatal dan kencang. Jarang keramas justru bisa menyebabkan munculnya ketombe dan kulit kepala berminyak serta rambut tampak lengket. Disarankan untuk mencuci rambut Anda dua hari sekali, atau sesuaikan dengan kondisi rambut dan aktivitas yang Anda lakukan. Jangan sampai rambut terlalu berminyak, karena kondisi ini bisa menyebabkan munculnya ketombe dan rasa gatal.
  3. Mengeringkan rambut.
    Mengeringkan rambut dengan pengering (hair dryer) atau mencatok rambut bisa menjadi pemicu kebotakan dini. Jika Anda tidak ingin rambut semakin rontok dan rapuh, disarankan berhenti menggunakan alat-alat ini. Pengering memang bisa menjadi solusi mengeringkan rambut dengan cepat, tapi daripada membahayakan rambut lebih baik sediakan waktu lebih untuk mengeringkan rambut.
  4. Menyisir rambut saat basah.
    Menyisir atau menata rambut pada saat basah bisa membahayakan rambut Anda. Karena pada saat basah, rambut cenderung merenggang dan penataan pada saat ini bisa menyebabkan kutikula rusak dan rambut rontok atau patah. Perlakukanlah rambut Anda dengan lembut, serta hindari mengeringkan rambut dengan menggosokkan handuk. Ketahuilah bahwa sisir dan penggunaannya yang tidak tepat bisa lebih berbahaya dibandingkan dengan pengering rambut.
  5. Mewarnai rambut.
    Rambut dengan warna abu-abu, hijau, biru, dan warna lainnya memang sedang tren pada tahun ini bahkan diperkirakan akan tetap menjadi tren di tahun-tahun berikutnya. Meski begitu, sebaiknya jangan terburu-buru mengikuti tren. Alih alih mengikuti tren yang ada, justru rambut menjadi rusak. Proses bleaching yang bertujuan untuk memudarkan warna rambut dapat menembus kutikula dan dapat menghilangkan pigmen alami rambut. Tindakan ini akan merusak rambut. Pewarnaan rambut tanpa bleaching diperkirakan tidak separah proses bleaching sendiri. Tapi, tetap saja dapat merusak struktur rambut, membuatnya kering, dan kusam. Terlebih lagi jika Anda sering melakukannya. Tidak hanya itu, pewarna rambut juga bisa menimbulkan iritasi, gatal, atau kemerahan pada kulit Anda.

Menjaga kesehatan dan kecantikan tampilan rambut merupakan salah satu hal yang penting bagi kaum wanita pada khususnya, dan pria pada umumnya. Tapi, jangan sampai kebiasaan yang dilakukan dengan tujuan merawat dan mempercantik rambut justru merusak rambut, membuatnya terlihat kusam, rontok, dan mudah patah. Jadi, sudah benarkah cara Anda merawat rambut?