Lindungi Anak Anda dari Pelaku Penyimpangan Seksual

Kasus anak yang meninggal dan yang trauma akibat mengalami tindakan kekerasan seksual sudah tidak asing lagi. Sering kali pelakunya adalah orang di lingkungan terdekat. Saatnya mengenali para pengidap penyimpangan seksual ini dan melindungi diri serta keluarga.

Penyimpangan seksual atau paraphilia didefinisikan sebagai bangkitnya gairah seksual pada objek, individu, dan situasi yang tidak normal. Kata paraphilia sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu para yang berarti di samping/selain dan philia yang berarti persahabatan atau cinta. Menurut para ahli, ada ratusan jenis penyimpangan seksual yang sudah diidentifikasi sejak abad 19.

Sebagian besar penyebab penyimpangan seksual tidak dapat didefinisikan secara jelas. Berbagai penelitian menemukan bahwa terdapat berbagai variabel yang dapat melatarbelakanginya, seperti kemungkinan korelasi dengan perkembangan saraf pada janin. Meski demikian penyimpangan seksual ini lebih banyak dialami saat remaja atau dewasa muda.

Penelitian lain menemukan bahwa terdapat kaitan antara penyimpangan ini dengan ketidakseimbangan zat kimia di dalam otak, seperti serotonin, norepinephrine, ataupun dopamin. Selain itu masih ada dampak dari cedera atau akibat perubahan pada sirkuit saraf yang akhirnya memengaruhi kecenderungan seksual seseorang.

Ciri-ciri Umum Pengidap Penyimpangan Seksual

Terlibat ke dalam hubungan bersama seorang pengidap penyimpangan seksual dapat berisiko mendatangkan bahaya bagi diri sendiri. Oleh karenanya penting untuk mengetahui ciri-ciri umum yang dapat dikenali dari para pengidap ini.
  • Waspadai orang yang tampak tertarik secara seksual dengan anak-anak atau disebut pedofilia. Pengidap pedofilia dapat menjadikan anak-anak yang dekat dengannya sebagai korban, bahkan anak tiri hingga anak kandung mereka sendiri.
  • Apakah dia pernah melakukan kekerasan pada pasangan atau orang lain? Penyimpangan seksual kadang-kadang berkorelasi  dengan sadisme. Waspadai jika dia mulai melukai fisik orang lain, mulai dari hal-hal ringan seperti mencubit. Pembunuhan hingga mutilasi tergolong sebagai penyimpangan seksual tingkat ekstrem.
  • Pengidap froteurisme dapat terlihat suka menyentuh secara tiba-tiba, meraba, atau mengusap orang lain tanpa minta persetujuan orang tersebut terlebih dahulu. Mereka mendapatkan kesenangan dari tindakannnya tersebut.
  • Seseorang yang terobsesi dan suka meletakkan benda-benda tertentu di sekitar dirinya, seperti pakaian dalam wanita, untuk membuatnya terangsang.
  • Pria yang mengenakan pakaian wanita untuk membuat dirinya terangsang.
  • Pengidap voyeurisme gemar mengintip atau melihat orang lain telanjang atau berhubungan seksual untuk membuatnya terangsang atau masturbasi. Dalam hal ini, dia lebih tertarik memandangi orang asing yang tidak berpakaian atau berhubungan seksual dibandingkan melihat istri atau kekasihnya melakukan hal serupa.

Mewaspadai Predator Daring/Online

Mudahnya akses informasi membuat semua orang dapat saling terhubung dengan mudah. Peluang ini sayangnya juga menjadi kesempatan bagi para pengidap penyimpangan seksual untuk mencari mangsa. Bagaimana mengenali orang-orang yang punya kecenderungan tersebut jika kita hanya berinteraksi di dunia maya? Berikut beberapa tips yang perlu turut ditegaskan kepada anak-anak Anda yang barangkali juga sudah memiliki akun di media sosial.
  • Waspadai orang yang tiba-tiba muncul dan menanyakan hal-hal spesifik, seperti nama lengkap, jenis kelamin, usia, tempat tinggal, atau nomor kontak Anda. Hindari langsung memberikan nama, apalagi nama lengkap Anda. Tidak jarang mereka juga meminta untuk bertemu langsung.
  • Orang yang terlalu baik dan setuju pada hampir semua pendapat Anda kadang hanya ingin mendapat kepercayaan Anda agar dia dapat melancarkan aksinya. Dia bisa jadi akan mencari tahu kegemaran Anda dan memulai percakapan dengan topik tersebut.
  • Beri tahu kerabat, teman, atau bahkan pihak berwenang jika dia mulai meneror atau memburu Anda, seperti mengikuti ke mana pun Anda pergi atau terus mengajak bertemu.
  • Orang yang memiliki alamat surat elektronik dan akun dengan nama asli cenderung lebih mudah dipercaya karena Anda sendiri dapat mencari tahu tentang dia secara online.
  • Sedapat mungkin hindari menginformasikan nomor telepon pribadi, lokasi rumah, atau sekolah anak Anda pada akun sosial media atau berbagai forum dan laman yang bersifat publik dan mudah diakses siapa pun.
  • Hindari menginformasikan hal-hal pribadi di media daring/online. Ini akan memudahkan para predator untuk mencari alasan, mengenal, menemui, dan memengaruhi Anda.
Pengidap penyimpangan seksual ini umumnya lebih banyak berjenis kelamin pria dibandingkan wanita. Selain itu, sebagian orang bisa jadi mengidap beberapa jenis paraphilia yang berbeda. Penanganan dan terapi pengidap penyimpangan ini umumnya ditangani sesuai tingkat keparahan dan jenisnya. Penyimpangan seksual sangat dekat dengan tindak kekerasan dan kejahatan. Daripada mencoba menangani sendiri atau berharap dapat membantu para pengidap ini, lebih baik untuk menyerahkannya pada pihak yang lebih kompeten, seperti psikiater atau polisi.