Lindungi Dirimu Sendiri, Waspadai Gejala Awal Kanker Payudara

Sebenarnya pada tahap awal, kanker payudara pada umumnya tidak mendatangkan gejala apa pun. Oleh karenanya, penting untuk melakukan deteksi dini kanker payudara, termasuk melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan pemeriksaan payudara di fasilitas kesehatan secara rutin.

Seperti kanker pada umumnya, kanker payudara adalah penyakit yang sulit dideteksi pada masa awal. Gejala umumnya baru terasa saat sel kanker sudah mulai berkembang dan terasa. Maka dari itu, di samping mewaspadai adanya ketidaknormalan yang mungkin terjadi, pemeriksaan payudara secara berkala dibutuhkan agar gejala awal kanker payudara dapat segera terdeteksi.

gejala awal kanker payudara

Berikut panduan mengenai ciri-ciri yang dapat menjadi gejala awal kanker payudara:

  • Adanya benjolan pada payudara atau ketiak yang tidak hilang setelah masa menstruasi. Lebih jauh, sebenarnya ada banyak penyebab adanya benjolan pada payudara. Benjolan yang merupakan kanker cenderung akan terasa keras, tidak terasa sakit, dan dengan pinggiran yang tidak rata. Namun ada juga benjolan kanker yang terasa nyeri, lunak, dan dengan pinggiran yang rata. Inilah yang menjadi sebab mengapa setelah merasakan adanya benjolan pada payudara, penting untuk segera memeriksakannya ke dokter untuk mendeteksi semua kemungkinan sejak dini.
  • Selain itu, walaupun mungkin belum terasa saat diraba, tapi benjolan ini dapat terdeteksi jauh-jauh hari melalui mammogram. Maka dari itu, pemeriksaan secara berkala menggunakan mammogram memberikan lebih banyak kesempatan bagi para pengidap untuk dapat mendeteksi gejala awal kanker payudara bahkan sebelum terasa.
  • Perubahan pada puting, seperti puting yang melesak, terasa perih, mengeluarkan cairan, ataupun terasa gatal.
  • Payudara terasa nyeri terus menerus. Meski demikian, payudara yang sakit dapat juga disebabkan oleh hal-hal lain, seperti penggunaan pil kontrasepsi, program kesuburan, penggunaan bra yang tidak sesuai, kista, ataupun stres. Untuk memastikan penyebab, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter.
  • Ada cekungan pada payudara.
  • Terdapat ruam bersisik pada puting. Kondisi ini merupakan gejala penyakit Paget’s, yang dapat terkait dengan adanya kanker payudara.
  • Payudara berubah dalam hal ukuran, permukaan, tekstur, ataupun suhu. Permukaan kulit payudara yang berlubang-lubang kecil, seperti kulit jeruk dan berwarna kemerahan adalah tanda kanker payudara tahap lanjut.
  • Muncul cairan dari puting yang berwarna, jernih, ataupun berdarah. Selain karena sel kanker, cairan payudara juga dapat terjadi karena infeksi.
  • Adanya permukaan payudara yang tampak berbeda dengan area keseluruhan.
  • Adanya ruam pada atau di sekitar puting.

Ada kalanya sel kanker tidak muncul sebagai benjolan yang besar pada payudara, tapi sudah menyebar melalui kelenjar getah bening ke tulang leher ataupun ketiak dan menyebabkan benjolan pada area tersebut. Oleh sebab itu, meski pada wanita 90 persen benjolan pada payudara bersifat bukan kanker, tapi untuk memastikannya, lebih baik segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, tidak hanya pada wanita, meski tidak umum, kanker payudara juga dapat terjadi pada pria dengan gejala awal kurang lebih serupa.

Saat memeriksakan ciri-ciri yang Anda rasakan atau duga sebagai gejala awal kanker payudara ke dokter, pertama-tama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan memeriksa permukaan payudara, puting, dan ketiak. Dokter juga akan menanyakan hal-hal umum, seperti apakah sudah memiliki anak dan menyusui, obat-obatan yang pernah atau sedang dikonsumsi, serta gaya hidup.

Oleh karena sebagian kanker payudara terkait dengan genetik, maka dokter kemungkinan besar akan menanyakan riwayat kesehatan anggota keluarga. Pemeriksaan dengan mammogram umumnya digunakan untuk menemukan dan mendeteksi apakah benjolan pada payudara bersifat jinak atau ganas. Ultrasound, MRI, ataupun biopsi dapat juga digunakan untuk mengonfirmasi hasil.

Pada akhirnya, mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas bukan berarti Anda dinyatakan mengalami kanker payudara, tetapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasi segala kemungkinan sedini mungkin demi mendapatkan penanganan yang tepat. Sebagai pemeriksaan awal di rumah, Anda bisa memeriksa payudara sendiri dengan menggunakan tangan untuk mendeteksi adanya benjolan yang tidak biasa.