Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama Ini Dapat Mengatasi Morning Sickness

Nutrisi yang tepat adalah kunci utama untuk ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya. Ibu hamil harus mengetahui jenis makanan yang penting, terutama pada trimester pertama. Beberapa ibu hamil mengalami morning sickness di awal kehamilannya yang mengakibatkan mual dan muntah. Tetapi, Anda harus tetap memperhatikan makanan untuk ibu hamil trimester pertama agar nutrisi janin terpenuhi untuk tumbuh kembangnya.

Pada trimester pertama ibu hamil membutuhkan makanan yang banyak mengandung asam folat,  biasanya terdapat pada jeruk, kentang, asparagus, brokoli, dan telur. Sebagai tambahan, biasanya juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B6 yang terdapat pada pisang, beras merah, dan ikan salmon untuk mengurangi mual akibat morning sickness.

Morning sickness dapat menyerang ibu hamil tidak hanya pada pagi hari, dan bahkan bisa bertahan sepanjang hari. Bagi kebanyakan ibu hamil, morning sickness dialami pada trimester pertama. Namun bagi beberapa ibu hamil lainnya, kondisi ini bisa bertahan selama masa kehamilannya. Mual yang dialami ibu hamil bisa menyebabkan calon ibu kesulitan mengonsumsi makanan atau bahkan cairan apa pun karena sering terbuang lewat muntah. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan dehidrasi dan harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Untuk mengatasi morning sickness, hindari makanan dengan aroma yang kuat dan catat makanan yang dapat menyebabkan mual. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering dapat membantu melewati masalah ini. Selain melakukan hal tersebut, ternyata ada beberapa makanan yang bisa dicoba untuk mengurangi gejala morning sickness.

Berikut ini contoh makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang dapat mengatasi morning sickness:

Kue Jahe

Jahe pada umumnya digunakan sebagai obat untuk mengatasi rasa mual dengan disajikan dalam bentuk minuman. Selain itu, beberapa wanita yang mengalami gejala morning sickness beranggapan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sangat membantu. Salah satu makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang bisa mengatasi mual dan muntah adalah kue jahe yang mengandung karbohidrat dan jahe.

Salad Buah Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu meringankan dehidrasi yang terjadi akibat sering muntah. Selain itu, semangka adalah buah dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah, sehingga cocok dijadikan camilan saat merasa mual.

Muffin Oatmeal Pisang

Muffin oat pisang bisa dimakan di pagi hari sebagai menu sarapan untuk membuat perut Anda terasa lebih nyaman. Pisang merupakan sumber kalium dan zat besi  yang sangat bagus untuk wanita hamil.

Selain makanan, ada pula minuman yang dapat mengatasi morning sickness. Seperti air lemon yang mengandung vitamin C dan memiliki sifat antioksidan, serta dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Selain itu, ada air kelapa yang mengandung lima elektrolit, yaitu kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan kalsium dapat digunakan untuk mengatasi dehidrasi akibat morning sickness.

Saat Anda merasa mual, tentu saja ada keengganan untuk makan dalam porsi seperti biasanya. Cobalah mengonsumsi camilan di antara waktu mengonsumsi makanan berat, tetapi pilihlah camilan yang sehat. Hindari mengonsumsi makanan olahan atau makanan kemasan. Anda juga dapat mencoba makanan untuk ibu hamil trimester pertama seperti yang ada di atas.