Makin Cantik Setelah Tahu Cara Menebalkan Alis

Kini makin banyak wanita yang mengikuti tren memiliki alis yang tebal. Sebelum Anda melakukannya, pahami dulu cara-cara menebalkan alis agar tidak merugikan kesehatan.

Komposisi alis dapat dimodifikasi untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih menarik. Jangan cemas jika Anda memiliki alis yang tipis, entah akibat penyakit, obat-obatan, atau kesalahan dalam perawatan sebelumnya, karena ada pilihan perawatan yang bisa dilakukan sebagai cara menebalkan alis.

Makin cantik setelah tahu cara menebalkan alis - alodokter

  • Bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang kemungkinan dapat membantu menebalkan alis, misalnya campuran minyak kelapa dan kulit lemon yang telah didiamkan selama satu malam. Digunakan sebelum tidur dan dibilas saat pagi hari.

Minyak jarak atau castor oil telah lama dikenal dapat membantu menumbuhkan alis. Oleskan minyak tersebut pada alis, diamkan sekitar 30 menit hingga 1 jam, kemudian bersihkan. Hentikan pemakaian jika terasa iritasi atau panas.

Bawang merah yang kaya kandungan sulfur juga kemungkinan dapat membantu menebalkan alis. Hancurkan bawang merah dan oleskan ke alis selama beberapa jam, kemudian bilas hingga bersih.

  • Serum

Serum yang disinyalir dapat membantu menumbuhkan alis biasanya mengandung biotin dan peptida. Peptida merupakan salah satu rantai asam amino yang dianggap sebagai protein pendukung tumbuhnya alis lebih tebal. Sementara dalam serum, biotin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Biotin dianggap dapat menstimulasi perkembangan rambut, termasuk alis. Namun hingga saat ini, efektifitasnya masih harus dibuktikan lebih lanjut. Sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum memulai konsumsi serum dan suplemen tersebut.

  • Transplantasi alis

Tindakan ini memerlukan donor rambut yang diperoleh dari kulit kepala. Prosedur ini tergolong rumit karena diperlukan penempatan yang tepat, sekaligus menimimalkan bekas luka dan menghindari kerusakan alis yang ada. Umumnya diperlukan 50-325 rambut pada tiap alis, tergantung dari bentuk dan ketebalan yang diinginkan. Prosedur ini dilakukan sekitar dua jam dengan obat penenang oral ringan. Rambut yang ditransplantasi akan rontok dalam dua minggu dan akan kembali tumbuh setelah tiga bulan dan seterusnya.

Tindakan Penunjang Kesehatan Alis

Memiliki lengkung alis yang indah sebagai penunjang penampilan perlu didukung oleh tindakan yang perlu dilakukan sehari-hari.

  • Nutrisi. Beberapa jenis asupan nutrisi penting dalam mendukung pertumbuhan alis, yaitu protein, vitamin, serta mineral zinc, zat besi, kalsium, dan zat tembaga. Sumber makanan yang dapat dikonsumsi, misalnya daging rendah lemak, ikan salmon, kacang-kacangan, avokad, minyak zaitun, kentang, mangga, wortel, dan bayam.
  • Kecukupan Cairan Tubuh. Minum air dapat membersihkan zat beracun pada tubuh sekaligus meningkatkan sistem tubuh dan meningkatkan pertumbuhan rambut.¬†Minum air minimal 8-10 gelas tiap hari.
  • Melakukan pijatan.¬†Tindakan ini di sekitar alis dapat meningkatkan sirkukasi darah di area tersebut sehingga kemungkinan dapat membantu pertumbuhan alis. Anda bisa memijatnya dengan menggunakan minyak zaitun sekitar 5 menit tiap hari.
  • Gunakan pensil alis. Dalam upaya menumbuhkan alis karena adanya kerontokan, Anda dapat menyembunyikan dengan menggunakan pensil alis ataupun bedak khusus yang sesuai dengan warna alis Anda.
  • Rapikan bentuk alis. Saat alis mulai tumbuh, sulit memperkirakan lokasi pertumbuhannya. Anda dapat merapikan dengan gel khusus alis agar tetap terlihat rapi. Jika perlu, minta bantuan seorang ahli untuk memperbaiki bentuk alis Anda.

Alis yang menarik dapat melengkapi penampilan seseorang secara keseluruhan. Pilih cara menebalkan alis yang aman. Untuk tindakan yang memerlukan keahlian medis, pilih dokter atau terapis yang sudah berpengalaman.