Manfaat Buah Melon Berdasarkan Jenis-jenisnya

Mengonsumsi buah dan sayur telah lama dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker secara alami. Salah satunya adalah mengonsumsi buah melon yang segar dan sarat nutrisi. Selain dari daging buahnya, manfaat buah melon untuk kesehatan juga bisa didapatkan dari bijinya.

Buah melon termasuk keluarga tumbuhan cucurbitaceae (labu-labuan). Buah melon sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, di antaranya melon madu (honeydrew), melon jingga (cantaloupe) dan semangka. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah melon ini banyak dipilih sebagai kudapan favorit, khususnya saat musim panas.

Manfaat Buah Melon Berdasarkan Jenis-jenisnya

Yuk, Kenali Buah Melon Lebih Dalam

Berabad-abad lalu, melon madu (honeydrew) banyak ditanam di Prancis Selatan dan Aljazair. Daging melon madu bisa dimakan mentah dengan dipotong-potong atau dijadikan tambahan pada salad buah maupun sayur. Warna melon madu ini umumnya hijau, tapi terkadang ada yang berwarna jingga menyerupai melon jingga.

Sedangkan buah melon jingga (cantaloupe) dikenal juga dengan nama melon batu dan melon Persia. Pilihlah melon jingga yang utuh, simetris tanpa ada bagian yang terasa lembek untuk menjamin kesegarannya. Cara terbaik menikmati buah melon jingga adalah dipotong-potong dan disantap mentah.

Jenis buah melon populer lainnya adalah semangka. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, semangka dapat menjadi sumber makanan alami yang menyehatkan bagi anak-anak dan orang dewasa.

Manfaat yang Menyehatkan dari Buah Melon Jingga

Manfaat buah melon jingga untuk kesehatan didapat dari kandungan gizi di dalamnya. Melon jingga mengandung 1.5 gram protein, 60 kalori, dan bebas lemak. Hal ini menjadikan melon jingga sebagai senjata ampuh untuk berdiet. Kandungan lain dari melon jingga yang menyehatkan berupa:
  • Melon jingga sarat dengan betakaroten. Betakaroten merupakan antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel di tubuh Anda. Saat dicerna oleh tubuh, betakaroten juga akan diubah menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, daya tahan tubuh, dan sel darah merah.
  • Melon jingga mampu mencukupi 14% kebutuhan kalium Anda setiap harinya. Potasium berperan penting untuk menjaga keseimbangan antara sel dan jumlah cairan dalam tubuh. Selain itu, potasium berguna untuk menjaga kesehatan saraf dan kontraksi otot.
  • Melon jingga yang kaya serat dan kadar air ini juga dipercaya mampu membantu mencegah konstipasi dan¬†dehidrasi.
  • Kandungan folat dalam buah melon jingga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker dan membantu memerangi hilangnya ingatan akibat proses penuaan. Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.
  • Melon jingga juga kaya akan vitamin C. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C mampu mempercepat penyembuhan sakit flu. Selain itu, vitamin C diduga efektif untuk melawan asma, kanker, dan diabetes. Namun hal ini masih perlu dibuktikan oleh penelitian-penelitian lebih lanjut.
  • Selain berbagai kandungan yang telah disebutkan di atas, buah melon jingga juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral antara lain: vitamin K, kolin, kalsium, fosfor, zinc, dan magnesium.

Sekecil-kecilnya Kuaci, Manfaatnya Besar

Manfaat buah melon lainnya juga dapat ditemukan pada biji semangka, walau bagian yang satu ini biasanya dibuang. Pada nyatanya, biji semangka mengandung rendah kalori dan sarat nutrisi, terutama yang sudah diproses dengan cara dipanggang. Kandungan biji semangka olahan yang lebih dikenal dengan sebutan kuaci ini meliputi:
  • Folat atau lebih dikenal dengan asam folat atau vitamin B-9 dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi otak berjalan optimal dan mengatur kadar homocysteine.
  • Zat besi. Komponen penting dari hemoglobin ini berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga dimanfaatkan tubuh untuk mengubah kalori menjadi energi.
  • Mineral ini sangat penting bagi fungsi metabolisme tubuh. Magnesium juga dibutuhkan dalam menjaga fungsi saraf dan otot, kinerja jantung, kesehatan dan kualitas tulang, serta mempertahankan kekebalan tubuh.
  • Lemak baik. Biji semangka merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak. Lemak ini dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke serta mengurangi kadar lemak jenuh yang merugikan.
Begitu banyaknya manfaat buah melon menjadikan buah ini sebagai kudapan atau makanan penutup yang cocok untuk menambah variasi nutrisi bagi tubuh. Nikmatilah melon kapan saja dan dapatkan kesegarannya yang menyehatkan.