Manfaat Daun Insulin Tak Hanya Untuk Pengobatan Diabetes

Meski terdengar asing di telinga, daun insulin yang bentuknya memanjang dan melebar ini memiliki segudang khasiat yang bisa dimanfaatkan.

Tanaman insulin merupakan spesies tanaman herba yang berasal dari Brasil timur. Tanaman dengan nama lain Fiery Costus atau Spiral Flag ini sering kali dikeringkan daunnya untuk digunakan dalam pengobatan Ayurveda di India. Menurut kepercayaan di negara tersebut, daun insulin diklaim mampu mengobati penyakit diabetes.

Manfaat Daun Insulin Tak Hanya Untuk Pengobatan Diabetes - alodokter

Tak hanya dipakai untuk pengobatan diabetes, tanaman insulin bahkan digunakan sebagai infus untuk mengobati gangguan ginjal dalam pengobatan tradisional di Meksiko. Dan setelah diteliti lebih lanjut, daun insulin juga bersifat antioksidan, antimikroba, dan antikanker. Berikut beberapa kegunaan daun insulin yang dapat dipetik manfaatnya.

Antikanker

Menurut temuan penelitian, ekstrak daun insulin diduga memiliki potensi antikanker alias mampu mencegah berkembangnya penyakit kanker.

Antimikroba

Ekstrak tanaman insulin diduga memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur.

Antioksidan

Akar dan daun insulin diduga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Menurut penelitian, senyawa bioaktif quercetin dan diosgenin dalam tanaman insulin menunjukkan aktivitas antioksidan yang cukup untuk mengatasi stres pada organ hati, pankreas, dan ginjal tikus yang menderita diabetes.

Diabetes

Seperti telah disebutkan di atas, daun insulin sering kali digunakan untuk mengontrol penyakit diabetes di India. Penderita diabetes di negara berpenduduk kedua terbesar di dunia itu bahkan mengonsumsi satu daun insulin setiap hari guna menjaga agar kadar gula darah tetap rendah. Dan berdasarkan penelitian terhadap tikus berpenyakit diabetes, daun insulin memang diduga dapat mengontrol kadar gula darah.

Efek Diuretik (efek yang menyerupai obat pendorong produksi air seni)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman insulin diduga memiliki efek natriuretik yang mirip dengan furosemide, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan edema (kelebihan cairan di jaringan tubuh). Furosemide bekerja dengan membuat ginjal mengeluarkan garam  dan air yang tidak dibutuhkan oleh tubuh melalui urine. Sedangkan ekstrak daun insulin meningkatkan kadar Natrium dan Kalium untuk efek diuresis nya.

Aktivitas Hipolipidemik

Hipolipidemik adalah keadaan dimana kadar lipid dan lipoprotein rendah dalam darah. Lipoprotein merupakan zat yang dapat mengikat kolesterol yang terakumulasi dalam pembuluh darah. Jika kadar lipoprotein dalam tubuh tinggi, hal tersebut dapat meningkatan risiko beberapa penyakit kardiovaskular seperti penyakit arteri koroner, serangan jantung, dan stroke. Nah, menurut studi terhadap tikus yang kena kolesterol tinggi, ekstrak tanaman insulin diduga mengatasi  keadaan hiperlipidemia dengan menurunkan kadar kolesterol serum, trigliserida, dan kolesterol jahat LDL secara signifikan.

Daun insulin memang diduga memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, namun sayangnya, hal tersebut masih membutuhkan penelitian dan bukti lebih lanjut.