Manfaat Daun Singkong dan Resep Olahannya

Daun singkong ternyata tidak hanya enak dinikmati dalam olahan sayur, tapi ternyata juga mengandung protein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sayuran lainnya. Mari berkenalan dengan nikmat manfaat daun singkong dan kandungannya.  

Mungkin tidak terbayangkan oleh Anda sebelumnya, ternyata daun singkong mengandung protein mentah yang cukup tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan daun golongan Amaranthus (bayam). Selain kaya akan protein, daun singkong juga mengandung jumlah serat yang cukup tinggi.

manfaat daun singkong dan resep olahannya - alodokter

Protein sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk menggantikan protein yang hilang lewat rambut, kulit, dan jaringan tubuh lainnya. Sedangkan serat dibutuhkan tubuh untuk menyerap air dan memperlancar pencernaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong berdasarkan kandungan protein dan serat yang terdapat di dalamnya:

  • Manfaat daun singkong berdasarkan kandungan protein
    Kandungan protein pada daun singkong diperkirakan dapat membantu tubuh memproduksi hormon dan enzim yang dibutuhkan tubuh. Protein tersebut juga membantu memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein atau menjalani pola makan yang kaya akan protein juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mungkin daun singkong bisa menjadi salah satu variasi untuk menu makanan Anda.
  • Manfaat daun singkong berdasarkan kandungan serat
    Bagi Anda yang dalam program menurunkan berat badan, pasti akrab dengan manfaat serat. Dan daun singkong bisa menjadi salah satu pilihan menu harian Anda. Pasalnya, daun singkong ternyata juga mengandung serat cukup tinggi yang diperkirakan dapat memberikan beberapa manfaat seperti menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Meski kandungan protein cukup tinggi, sayangnya daun singkong tergolong minim asam amino. Asam amino adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein dengan fungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, menguraikan makan, dan sumber energi tubuh. Meski manfaat daun singkong cukup banyak bagi tubuh, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara mentah. Baik daun maupun akar singkong memiliki kandungan sianida yang bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

Olah Manfaat Daun Singkong Menjadi Lebih Lezat

Tertarik menikmati daun singkong sebagai variasi menu harian Anda? Manfaat daun singkong bisa Anda dapatkan dengan bermacam olahan sesuai selera. Salah satu menu yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda adalah tumis daun singkong. Berikut ini adalah resepnya:

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

  • 2 siung bawang putih cincang
  • 3 siung bawang merah cincang
  • Jahe secukupnya
  • 4 buah cabe merah dipotong sesuai selera
  • Garam dan gula secukupnya
  • ½ kg daun singkong yang sudah direbus terlebih dahulu, lalu dipotong-potong
  • Ikan tamban kering (Anda bisa menggantinya sesuai selera)

Cara memasak tumis daun singkong,

  • Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai .
  • Jika sudah harum, tambahkan sedikit air.
  • Masukan daun singkong dan tambahkan lagi airnya.
  • Tambahkan ikan tamban atau bahan tambahan yang Anda inginkan. Lalu masukkan garam dan gula sesuai selera Anda.
  • Jika sudah agak matang dan air sudah cukup berkurang, angkat dan sajikan.

Kini, Anda sudah tahu kandungan dan manfaat dari daun singkong. Cukup masukkan dalam menu harian Anda dan keluarga untuk menikmati berbagi keuntungan mengonsumsi daun singkong.