Manfaat Kembang Kol Ternyata Tidak Sepucat Warnanya

Meski tidak memiliki warna yang segar dan menarik seperti jenis sayuran lainnya, tapi jangan sepelekan manfaat kembang kol. Ternyata, Si Pucat ini kaya akan vitamin dan mineral serta manfaat yang bisa membuat Anda jatuh cinta.

Kembang kol memiliki kandungan antioksidan, serat, kalium, isothiocyanate (termasuk senyawa sulfur), dan asam folat yang cukup tinggi. Kandungan ini yang dapat membantu mencegah datangnya penyakit, serta memperbaiki dan membantu pertumbuhan jaringan tubuh.

manfaat kembang kol ternyata tidak sepucat warnanya - alodokter

Tidak cukup sampai di situ, kembang kol masih memiliki deretan manfaat lainnya yang bisa membuat Anda ingin segera menyantapnya. Simak ragam manfaat kembang kol di bawah ini:

  • Menurunkan berat badan
    Ingin memiliki tubuh ramping atau memiliki berat badan sehat, kembang kol bisa menjadi jawabannya. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya, kembang kol bisa menjadi sahabat diet Anda. Selain itu, kembang kol juga mengandung unsur pelawan kanker (phytonutrient sulforaphane), sekaligus folat, dan vitamin C yang membantu dalam penurunan berat badan.
  • Menurunkan risiko kanker
    Tidak hanya brokoli yang bisa membantu Anda dalam menurunkan risiko kanker, kembang kol juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari risiko kanker. Sebut saja fitonutrien, antioksidan, sulforaphane, dan indole-3-cardinol. Ketiga kandungan di dalam kembang kol ini dapat membantu Anda menurunkan risiko kanker organ reproduksi wanita dan pria, kanker payudara, kanker esofagus, kanker pankreas, kanker prostat, melanoma atau kanker kulit, kanker usus, dan kanker paru-paru.
  • Meningkatkan kekuatan tulang
    Di dalam 100 gram kembang kol, setidaknya terdapat sekitar 15% kandungan vitamin K. Dengan kandungan vitamin K di dalamnya dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium, dan mengubah protein pada matriks tulang. Sehingga diperkirakan dapat menurunkan risiko osteoporosis dan patah tulang.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
    Kembang kol tidak hanya kaya akan serat, tapi sayuran ini juga mengandung Kedua kandungan ini dikenal baik untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hasilnya, racun yang ada di dalam tinja dan cairan empedu dapat keluar dari dalam tubuh.

Selain manfaat yang ada di atas, manfaat kembang kol lainnya yaitu membantu meningkatkan daya ingat, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menurunkan risiko diabetes.

Cara Nikmat Mengambil Manfaat Kembang Kol

Kini Anda sudah tahu ragam manfaat kembang kol, bukan? Yuk, ambil manfaat kembang kol dengan menikmatinya dalam beragam olahan. Salah satunya seperti olahan tumis kembang kol di bawah ini, Anda dan keluarga bisa menikmatinya bersama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 150 gram kembang kol
  • 3 batang sawi
  • 50 gram dada ayam potong dadu
  • 50 gram udang
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabai keriting
  • 1 buah bawang bombay
  • 30 gram saus tiram
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak goreng
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuatnya mudah sekali. Pertama, potong sawi dan kembang kol. Kemudian iris juga bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai. Setelah itu, panaskan minyak di penggorengan, lalu tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai hingga harum.

Kemudian masukan potoangan dada ayam dan udang. Setelah ayam dan udang berubah warna, masukan sawi dan kembang kol. Lalu tambahkan air, saus tiram, garam, dan gula secukupnya.

Jangan tunda menikmati manfaat kembang kol di atas. Segera masukan tumis kembang kol di atas sebagai variasi menu harian Anda dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda.