Manfaat Labu Siam Tak Hanya Untuk Sayur Lebaran

Ketika Lebaran atau Idul Fitri tiba, sayur pepaya dan labu siam menjadi primadona pendamping ketupat. Selain enak, ternyata manfaat labu siam juga baik untuk kesehatan.

Labu siam termasuk dalam famili Cucurbitaceae, sama seperti mentimun dan melon. Buah yang tanamannya merambat ini mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, E, dan K. Labu siam bahkan dikatakan sebagai sumber vitamin C yang baik. Selain itu, labu siam juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

manfaat labu siam tak hanya untuk sayur lebaran - alodokter

Kandungan serat, protein, dan vitamin pada labu siam memang lebih rendah dibandingkan dengan sayuran lainnya. Namun, labu berwarna hijau ini kaya akan beberapa asam amino penting seperti asam aspartat, asam glutamat, alanin, arginin, cistein, fenilalanin, glisin, histidin, isoleusin, leusin, metionin, prolin, serin , tirosin, treonin, dan valin. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, manfaat labu siam antara lain adalah:

Diet lambung

Labu siam disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan lambung. Ini dikarenakan labu siam tidak menimbulkan gas jika masuk ke dalam perut. Diet lambung ditujukan untuk meringankan kerja saluran pencernaan dan membantu menetralisir kelebihan asam lambung. Diet lambung juga bisa diberikan kepada penderita radang lambung, radang usus besar, radang kerongkongan, dan diare.

Diet rendah purin

Bagi Anda penderita asam urat, dianjurkan untuk makan labu siam. Labu siam diduga rendah kandungan purin. Purin adalah senyawa kimia tertentu pada beberapa makanan yang jika dipecah akan menjadi kristal asam urat dan menumpuk pada sendi tangan, ginjal, atau saluran kencing. Diet rendah purin dengan makan (salah satunya) labu siam diharapkan bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah dan melancarkan sekresi asam urat. Syaratnya, labu siam dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

Diet rendah kalori

Jika Anda ingin mendapatkan berat badan yang ideal dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh, cobalah makan labu siam. Mengapa? Labu siam diduga merupakan sayuran rendah kalori. Selain mengonsumsi labu siam dan penganan rendah kalori lainnya, jangan lupa untuk berolahraga secara teratur.

Makanan sehat untuk lanjut usia

Tak hanya anak-anak dan orang dewasa yang membutuhkan makanan bergizi, lansia juga dianjurkan untuk hidup sehat. Salah satu caranya, dianjurkan untuk mengonsumsi labu siam. Labu siam bisa dimasak menjadi sayur atau dimakan sebagai lalapan. Disarankan untuk memotong labu siam lebih kecil dan dimasak hingga empuk agar lebih mudah dikonsumsi.

Diet rendah kolesterol

Ingin menurunkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah? Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tidak menimbulkan gas, salah satunya adalah labu siam. Labu siam disarankan untuk dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

Sudah tahukan banyaknya manfaat labu siam? So, jangan segan-segan yah makan buah yang juga biasanya ada dalam sayur asam atau lodeh ini.