Manfaat lulur dan Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat lulur dalam mengangkat sel kulit mati sangat penting demi menjaga kesehatan kulit Anda. Perhatikan juga tips perawatan kulit lain selain lulur.

Kulit adalah indikator kesehatan umum seseorang. Kulit juga mempunyai fungsi sebagai pelindung yang tahan air bagi tubuh, sebagai benteng pertahanan terhadap bakteri dan organisme lainnya, sebagai sistem pendingin melalui keringat, serta sebagai indera yang memberikan informasi tentang rasa sakit, suhu tubuh, dan tekanan.

Jika terdapat sel kulit yang mati dan kering, maka kulit Anda bisa terlihat kusam. Untuk mempercepat pergantian sel kulit mati dan mendapatkan lapisan kulit yang baru lagi, pengelupasan kulit harus berlangsung secara teratur. Untuk dapat melakukan ini, Anda bisa memanfaatkan lulur atau body scrub agar pengelupasan terjadi paling tidak satu minggu sekali. Manfaat lulur yang utama adalah membantu mengangkat sel kulit mati dan juga memungkinkan pelembap menembus kulit.

Anda dapat memanfaatkan lulur alami yang mengandung minyak zaitun, gula, dan madu. Untuk membuat lulur alami, campurkan minyak zaitun dan gula ke dalam mangkuk kecil. Lalu aduk rata hingga mengental. Setelah bercampur, gosok sembari dipijat pada bagian tubuh yang Anda inginkan. Kemudian basuh dengan air hangat dan lumuri dengan madu yang telah dihangatkan. Biarkan hingga sekitar 30 menit, dan cuci bersih kembali.

Untuk memaksimalkan manfaat lulur tersebut, Anda juga bisa menerapkan tips untuk kulit sehat seperti di bawah ini:

Lindungi diri dari matahari

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik, dan masalah kulit lainnya, serta meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk perlindungan matahari, gunakan tabir surya dengan label broad spectrum dan minimal SPF 15. Ulangi penggunaan tabir surya setiap dua jam sekali, atau lebih sering jika Anda sedang berenang atau mudah berkeringat.

Jangan merokok

Merokok dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan menjadi berkeriput. Merokok juga dapat menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit sehingga mengurangi aliran darah dan juga merusak kolagen, serta elasitin, yaitu serat yang memberikan kekuatan pada kulit dan elastisitas.

Perlakukan kulit dengan lembut

Agar kulit tetap lembut, batasi waktu saat mandi air panas. Mandi dalam durasi yang lama juga dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda, karena kebanyakan sabun mengandung sodium lauryl sulfate yang dapat mengangkat minyak alami dari kulit. Setelah mandi, keringkan kulit dengan handuk dan gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Konsumsi makanan sehat

Menu makanan sehat dapat membantu kulit Anda menjadi sehat. Disarankan mengonsumsi banyak buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, makanan yang kaya akan vitamin C, serta menghindari lemak tak jenuh, dapat menjadikan kulit terlihat lebih muda.

Mengelola stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat Anda lebih sensitif dan memicu jerawat serta masalah kulit lainnya. Agar kulit sehat, Anda harus bisa mengelola dan mengatasi stres. Beri batasan dalam pekerjaan dan luangkan waktu untuk melakukan hal yang Anda sukai. Dengan manfaat lulur dan tips kulit sehat di atas, kini Anda bisa mendapatkan kulit yang cerah dan sehat sesuai idaman semua orang.