Manfaat Pijat Refleksi Tangan Bagi Kesehatan

Sebagian orang percaya bahwa pijat refleksi dapat membuat tubuh terasa lebih segar, bahkan pijat refleksi di beberapa bagian seperti tangan atau kaki dipercaya mewakili bagian organ tubuh lainnya.

Pijat refleksi merupakan terapi alternatif yang dilakukan di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, atau telinga. Di mana pemijatan di bagian-bagian ini dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan beberapa bagian tubuh lainnya dan dipercaya dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Pijat refleksi dapat dilakukan dengan menggunakan bagian jari, jempol, atau menggunakan alat bantu pijat refleksi.

manfaat pijat refleksi tangan bagi kesehatan - alodokter

Berikut ini adalah beberapa bagian pijat refleksi tangan yang mudah dan dapat Anda praktikkan sendiri di rumah.

  • Kepala
    Pijat bagian atas jari-jari tangan Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Bagian ini dipercaya berkaitan dengan kelenjar hipotalamus, pineal, dan pituitari yang letaknya ada di bagian otak. Selain itu, pemijatan di bagian ini juga dipercaya dapat membantu dalam meringankan sinus dan dipercaya dapat mengatasi pusing karena dipercaya mewakili bagian kepala.
  • Leher dan tenggorokan
    Area pangkal jempol hingga lipat ibu jari di samping jari telunjuk dipercaya berhubungan dengan bagian tenggorokan, sedangkan area lipatan pertama buku jari (tempat tulang dan jaringan sendi terlihat dan teraba menonjol pada tangan normal) (lipatan pertama dihitung dari atas ketika jari-jari menunjuk ke atas) dipercaya berhubungan dengan bagian leher. Jadi jika Anda mengalami masalah dengan kedua bagian ini, Anda bisa coba memijat lipatan pertama buku jari atau pangkal jempol pada telapak tangan untuk mengatasinya.
  • Mata dan telinga
    Jika Anda mengalami masalah dengan bagian ini, terapis akan memijat lipatan kedua dari buku-buku jari Anda. Lipatan buku-buku jari telunjuk dan tengah dipercaya mewakili bagian mata. Sedangkan untuk bagian telinga, Anda dapat coba memijat lipatan kedua dari buku-buku jari manis dan kelingking.
  • Bronkial, dada, dan paru-paru
    Bagian lipatan paling bawah atau bagian pangkal keempat jari dipercaya berhubungan dengan bagian dada, paru-paru, dan bronkial, Sehingga diperkirakan pijatan refleksi bagian ini dapat membantu meringankan masalah di ketiga bagian ini.
  • Ulu hati, usus, ginjal, dan adrenal
    Tepat berbatasan dengan area pangkal keempat jari, secara berurutan, adalah bagian yang dipercaya berhubungan dengan ulu hati, kelenjar adrenal, ginjal, lalu kemudian usus. Bayangkan saja dengan garis lurus sejajar jari tengah, area tersebut berurutan kearah dasar telapak tangan (sebelum pergelangan tangan).
  • Kelenjar tiroid, pankreas, kandung kemih, rahim, dan prostat
    Jika Anda mengalami masalah dengan beberapa bagian ini, Anda dapat memijat tangan Anda mulai dari lipatan pangkal jempol yang bersisian dengan jari telunjuk mengitari pangkal jempol pada telapak tangan menuju sisi tepi telapak tangan. Pemijatan di seluruh bagian pangkal jempol tersebut dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan di bagian kelenjar tiroid, pankreas, kandung kemih, rahim, dan prostat.

Meski dipercaya bagus untuk kesehatan, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Hingga saat ini pijat refleksi belum bisa menyembuhkan kondisi medis dan masih tetap memerlukan pengobatan secara medis. Jika Anda mengalami masalah kesehatan, disarankan untuk tidak hanya terpaku pada pijat refleksi, tapi konsultasikan penyakit Anda ke dokter.