Manfaat Putih Telur Sebagai Masker Wajah dan Makanan Sehat

Guna mendapatkan wajah yang bersih bersinar, terkadang sebagian wanita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari rutin ke salon, hingga mengunjungi dokter kecantikan. Padahal, untuk mendapatkan kulit wajah yang diidamkan, Anda bisa mengambil manfaat putih telur dengan membuat masker campuran putih telur.

Selain kaya akan protein yang dibutuhkan tubuh, telur memiliki kandungan yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan kulit wajah yang diinginkan. Anda bisa menggunakan telur tanpa campuran apa pun atau dengan campuran lainnya.

Manfaat Putih Telur Sebagai Masker Wajah dan Makanan Sehat - alodokter

Berikut ini adalah ragam campuran masker putih telur yang bisa Anda coba di rumah, dengan menggunakan beberapa bahan yang bisa Anda temukan di dapur. Selamat mencoba.

Membuat Masker Wajah dari Putih Telur

Campuran putih telur dan jeruk lemon ini ternyata bisa membantu mengatasi wajah yang berjerawat. Sebelum mencoba beragam cara atau obat yang menggunakan bahan kimia, tentu tidak ada salahnya mencoba cara alami dengan mengambil manfaat putih telur dan lemon berikut ini. Cukup campurkan putih telur dan air perasan setengah potong lemon. Kocok hingga kedua bahan tercampur rata, kemudian oleskan ke wajah kecuali mata dan bibir. Masker wajah ini bisa dipakai hingga tidur, lalu cuci esok harinya dengan menggunakan air hangat.

Selain mencampurkan dengan lemon, bagi Anda yang memiliki kulit kering, Anda bisa menambahkan madu dalam campuran ini. Perasan jeruk lemon dapat membuat wajah lebih bersinar, dan putih telur bisa membantu dalam membersihkan wajah. Sedangkan campuran madu bisa membuat wajah Anda terasa lebih nyaman dan terjaga kelembapannya.

Manfaat putih telur lainnya adalah membuat wajah menjadi lebih bersinar, tidak kusam, dan pori-pori kulit wajah mengecil. Anda dapat juga menggunakan buah jeruk biasa untuk masker wajah. Cukup sediakan empat sendok makan perasan jeruk biasa dan putih telur dari dua butir telur mentah. Setelah dicampur dengan baik, oleskan masker campuran ini ke wajah Anda dan diamkan selama sekitar 15 menit. Lalu, bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Selain dengan campuran, Anda juga bisa mendapatkan manfaat putih telur untuk kecantikan tanpa memakai campuran apa pun. Cukup kocok putih telur, kemudian oleskan pada bagian wajah. Kecuali mata dan daerah bibir. Diamkan hingga masker putih telur mengering, lalu bilas hingga bersih. Keringkan dengan menepuknya menggunakan handuk lembut hingga kering. Masker putih telur ini dipercaya dapat membuat kulit wajah lebih bersinar dan kulit terasa sejuk.

Lahap Manfaat Putih Telur Berikut Ini

Tidak hanya bisa digunakan sebagai senjata untuk mendapatkan kulit wajah yang diinginkan. Mengonsumsi putih telur juga bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Bagaimana tidak? Telur pada dasarnya merupakan salah satu sumber protein yang bagus dengan kalori yang rendah.

Di dalam satu butir telur setidaknya mengandung 7 gram sumber protein, 5 gram lemak, dengan hanya 1,6 gram lemak jenuh dan 75 kalori. Bahkan, telur juga mengandung karotenoid, zat besi, zeaxanthin, lutein, serta vitamin, dan mineral lainnya yang bagus untuk tubuh. Misalnya, salah satu manfaat telur adalah untuk mengurangi risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang lanjut usia. Selain itu, kandungan kolin yang terdapat di dalam telur juga bisa membantu meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak.

Selain memakai putih telur sebagai masker untuk wajah, Anda tetap disarankan mengonsumsi telur untuk mendapatkan beragam manfaat yang diberikan. Selain itu, putih telur juga ternyata merupakan sumber protein yang utama di dalam telur. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati manfaat yang juga terkandung di dalam telur, Anda masih bisa mengonsumsi putih telur.

Kini Anda sudah tahu manfaat putih telur, bukan? Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kecantikan, tapi juga memberikan Anda sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, segera coba masker putih telur di atas. Jika terjadi reaksi alergi terhadap putih telur, segera hubungi dokter.