Manfaat Sereh Tidak Hanya Terbatas di Area Dapur

Di Indonesia, manfaat sereh banyak digunakan sebagai penyedap masakan, terutama masakan boga bahari dan semur daging. Bagian batang dan daunnya biasa menjadi bahan utama yang dijual di pasar-pasar tradisional. Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat sereh tidak terbatas di dapur dan meja makan.

Salah satu manfaat sereh yang utama terwujud dalam bentuk minyak sereh. Minyak sereh (citronella oil) dibuat dari ekstrak batang dan daun sereh (Cymbopogon/lemongrass). Selain Tiongkok, Indonesia adalah salah satu produsen terbesar minyak sereh di dunia. Minyak yang berasal dari tanaman beraroma lemon ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

manfaat sereh-alodokter

Mari kenali beberapa manfaatnya berikut ini.

  • Minyak sereh dapat menghasilkan berbagai bahan kimia, seperti geraniol, citronellal, citronellol yang dapat digunakan sebagai bahan pendukung parfum, kosmetik, sabun, lilin, dan produk wewangian lain.
  • Menjadi bahan dasar losion antinyamuk. Minyak ini menimbulkan aroma khusus yang dibenci serangga.
  • Minyak sereh juga digunakan sebagai biopestisida tidak beracun.
  • Berperan sebagai bahan antijamur.
  • Meski butuh penelitian lebih lanjut, minyak sereh diduga dapat bermanfaat mematikan parasit dan cacing di dalam usus.
  • Diduga dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan produksi urine untuk mengurangi penumpukan cairan, serta mengontrol kejang otot. Manfaat ini juga masih perlu penelitian lanjutan.
  • Di dalam bidang kuliner, minyak sereh digunakan sebagai penambah rasa.
Manfaat sereh sebagai antinyamuk telah diteliti efektivitasnya, termasuk terhadap nyamuk Aedes aegypti. Agar manfaat sereh lebih efektif, bahan ini perlu dioleskan tiap setengah jam hingga satu jam sekali karena umumnya bahan ini hanya dapat bertahan kurang lebih 20 menit. Selain itu, manfaat sereh ini bahkan bisa didapatkan dalam bentuk aslinya. Menanam tumbuhan ini di halaman rumah diharapkan dapat menghalau nyamuk masuk.

Di India, manfaat sereh terkenal sebagai tanaman yang digunakan sebagai pengobatan herba. Di samping itu, manfaat sereh di bidang kesehatan diduga dapat menjadi obat untuk menangani sakit perut, tekanan darah tinggi (hipertensi), muntah, batuk, demam, kelelahan, dan rematik. Penanganan dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak sereh ataupun menempatkan sereh dalam wujud aslinya pada bagian tubuh yang mengalami keluhan.

Tidak hanya itu, diduga manfaat sereh dapat membantu mencegah perkembangan jamur dan bakteri. Penelitian di tahap awal menunjukkan bahwa manfaat sereh dapat digunakan untuk menangani pasien HIV/AIDS pengidap jamur mulut dengan cara mengonsumsi cairan sereh selama sepuluh hari. Walau demikian hal ini masih butuh penelitian lebih lanjut. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sereh dapat meredakan iritasi dan peradangan di usus akibat penyakit Crohn. Manfaat lainnya adalah ketika sereh dicampur dengan minyak esensial, maka campuran tersebut dapat digunakan sebagai cairan disinfektan.

Meski dapat menyebabkan alergi kulit pada sebagian orang, tapi umumnya minyak sereh cukup aman digunakan oleh kebanyakan orang, tapi tidak aman untuk dikonsumsi, terutama dalam jumlah banyak. Minyak sereh juga sebaiknya tidak dihirup karena dapat menyebabkan gangguan paru-paru. Mengenai manfaat sereh untuk ibu hamil dan menyusui, disarankan untuk dihindari. Hal ini dikarenakan sereh memiliki kemungkinan memulai siklus menstruasi yang berakibat pada risiko keguguran.

Perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan oleh sebagian orang secara langsung ternyata dapat meningkatkan detak jantung. Maka dari itu, waspada bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau berkaitan dengan jantung.