Manfaat Spa Bayi untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Spa bayi merupakan pilihan perawatan bayi yang cukup populer belakangan ini. Pijat dan terapi air adalah kegiatan yang paling umum ditemui pada spa bayi. Spa bayi sudah bisa dilakukan pada usia dini, yaitu sejak bayi masih berusia beberapa hari hingga usia 8-9 bulan. Lalu, apa saja, sih, manfaat spa bayi untuk Si Kecil?

Spa bayi sebenarnya merupakan sebuah tempat yang menawarkan rangkaian terapi fisik seperti pijat untuk bayi yang bertujuan membantu anak mendapatkan pengalaman relaksasi dan rangsangan bagi proses tumbuh kembangnya. Beberapa spa bayi biasanya memiliki jasa perawatan lainnya, seperti jasa potong rambut, manicure, dan pedicure.

baby spa - alodokter

Kegiatan spa bayi biasanya dimulai dengan pemberian pijatan lalu diikuti dengan terapi air atau yang dikenal juga dengan beberapa istilah lain, yaitu hydrotherapy dan aquatic therapy. Perlu diingat, terapi air berbeda dengan pelajaran berenang bagi anak. Anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan untuk diajarkan berenang, karena kemampuan motoriknya belum berkembang dengan baik.

Manfaat Spa Bayi

Pijatan dan terapi air dipercaya tidak hanya mampu merangsang perkembangan motorik anak, namun turut memperdalam ikatan antara anak dan orang tua jika dilakukan bersama-sama. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari masing-masing terapi spa bayi yang bisa Anda dapatkan.

Terapi pijat untuk bayi

Memijat bayi Anda dapat membuatnya lebih tenang, mengurangi stres, membuatnya jarang rewel atau menangis, dan membantunya tidur dengan baik.

Pijatan kepada bayi disarankan untuk dilakukan ketika ia tidak sedang terlalu lapar atau kenyang. Hindari memijat bayi menjelang waktu tidurnya.

Peningkatan berat badan merupakan salah satu manfaat yang dipercaya berkaitan erat dengan pijat bayi. Pijat bayi diduga dapat menstimulasi saraf vagal yang pada akhirnya dapat meningkatkan penyerapan nutrisi oleh saluran pencernaan. Perbaikan pola tidur,  sirkulasi, pencernaan, kesehatan kulit bayi, mengurangi sakit gigi, hingga detak jantung dan akitivitas otak yang lebih stabil adalah manfaat lain terapi pijat yang berguna bagi bayi Anda dan bayi yang terlahir prematur. Pelajari cara pijat bayi yang benar sebelum memulainya.

Tidak hanya di dilakukan oleh terapis, Anda juga dapat membantu dan belajar memijat bayi Anda saat berada di spa bayi. Memijat bayi sendiri turut memperbaiki mood Anda dan mengurangi risiko depresi paska melahirkan. Lakukanlah terapi pijat bergantian dengan pasangan agar sang ayah juga bisa membangun ikatan yang semakin kuat dengan si kecil

Terapi air (hydrotherapy/aquatic therapy) untuk bayi

Terapi air adalah metode pengobatan alami yang sejak lama telah digunakan oleh berbagai budaya di dunia. Penggunaan air dalam berbagai bentuk dan suhu diketahui dapat memberikan manfaat yang berbeda bagi sistem tubuh yang berbeda pula.

Pada spa bayi, bayi dan anak akan diajak untuk berendam di dalam bak air pada suhu air yang lebih hangat, atau berkisar antara 35-36 derajat Celcius. Gerakan yang dilakukan bukan gerakan belajar berenang. Bayi biasanya akan melakukan gerakan yang menyerupai gerakan anjing ketika berenang. Kegiatan ini disarankan dimanfaatkan untuk bermain dan menghabiskan waktu bersama bayi Anda, atau secara bertahap mulai mengenalkan tentang keamanan dan keselamatan di air.

Sebuah penelitian tahap awal pada bayi prematur yang menggunakan terapi air  menunjukkan adanya peningkatan kualitas tidur, bayi menjadi lebih santai, dan lebih bisa mentolerir rasa sakit.

Walau masih memerlukan penelitian lebih lanjut, sifat-sifat air bisa memudahkan bayi dan anak menggerakkan organ tubuhnya, meregangkan otot tubuhnya, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Jika Anda tertarik mencoba spa bayi, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter anak Anda mengenai manfaat dan jenis terapi yang sesuai, serta waktu dan frekuensi yang ideal bagi kondisi anak Anda.