Manfaat Tahu dan Resep Sehat Olahannya

Bagi Anda pecinta tahu, mendengar kata tahu pasti akan cukup menggiurkan. Di balik teksturnya yang lembut dan lezat, ternyata ada beragam manfaat tahu bagi kesehatan tubuh.

Tahu berasal dari endapan biji kedelai yang dikentalkan. Tahu termasuk makanan yang rendah kalori, yaitu hanya terdapat sekitar 70 kilokalori di dalam 100 gram tahu, tapi tinggi protein yaitu 8 gram dan memiliki kalsium yang cukup tinggi (130mg per 100 gram tahu). Itulah kenapa, sayang sekali jika Anda tidak menyukai tahu dan menyia-nyiakan manfaat tahu yang ada di dalamnya.

manfaat tahu dan resep sehat olahannya - alodokter

Ragam Manfaat Tahu yang Membuat Jatuh Hati

Berikut ini adalah manfaat tahu yang perlu Anda ketahui dan rugi jika dilewatkan.

  • Kanker prostat dan payudara
    Tahu mengandung isoflavon, antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Oleh karena itu, makanan ini baik untuk dikonsumsi guna menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat dan payudara. Konsumsi setidaknya 10mg kedelai dalam sehari, Anda memiliki kemungkinan mengurangi risiko terkena kanker sebanyak 25%.
  • Penyakit kardiovaskular
    Dengan kandungan proteinnya yang tidak kalah tinggi, tahu bisa menggantikan protein hewani dalam menu makanan Anda. Kandungan protein nabati yang ada di dalam tahu diduga berperan dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan atherosclerosis.
  • Osteoporosis
    Kandungan isoflavon yang ada di dalam tahu tidak hanya dapat mengurangi gejala menopause, tapi juga diperkirakan baik untuk tulang. Sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko pengeroposan pada tulang.
  • Diabetes tipe 2
    Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih banyak protein kedelai mengeluarkan urin dengan sedikit kandungan protein, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Itulah kenapa tahu dipercaya cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Karena penderita diabetes tipe ini cukup sering mengalami masalah dengan ginjal. Sehingga tubuh mengeluarkan protein dalam jumlah yang banyak di dalam urin.
  • Kerusakan hati
    Studi menunjukkan bahwa kandungan di dalam tahu diduga dapat mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain beberapa manfaat di atas, tahu juga dapat menurunkan risiko anemia, baik pada pria maupun wanita.

Resep Sehat Olahan Tahu

Sudah mulai jatuh cinta dan tergoda untuk memasukan tahu ke dalam menu makan Anda? Yuk, coba resep tahu teriyaki di bawah ini. Rendah kalori dan cukup tinggi protein.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 400 gram tahu padat
- 2 sdm gula
- 1 sdt minyak wijen
- 6 sdm kecap asin
- 2 sdt biji wijen
- 1 sdt bawang putih cincang
- (kurang lebih) 10 sdm perasan apel
- 1 sdt jahe cincang

Cara membuatnya:

  • Potong tahu berbentuk kotak, dengan ukuran sesuai selera.
  • Untuk membuat saus teriyaki, campur kecap asin, gula, minyak wijen, biji wijen, bawang putih, perasan apel, dan jahe cincang di dalam mangkuk. Tuangkan campuran tersebut ke dalam loyang dengan ukuran sekitar 23x23 cm.
  • Susun tahu di atas saus teriyaki. Balik beberapa kali agar saus merata dengan baik. Kemudian panggang dengan menggunakan oven selama sekitar 15 menit. Lalu balik tahu satu per satu, panggang kembali selama sekitar 10 menit.

Selain dengan cara di atas, Anda juga memasaknya atau memanggangnya dengan menggunakan teflon jika Anda tidak memiliki oven.

Resep tahu teriyaki ini dapat disajikan untuk 4 porsi, dan satu setiap porsinya mengandung 135 kalori, 8 gram protein, 1,3 gram serat. Tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh sama sekali.

Bagi Anda pecinta tahu, selamat Anda telah menabung cukup banyak manfaat tahu. Sedangkan bagi Anda yang bukan penggemar tahu, cobalah untuk mulai memasukan tahu ke dalam menu makanan Anda. Tentu tidak ada ruginya, bukan?