Mari Bersiap Menyediakan Makanan Bayi 1 Tahun yang Tepat

Makanan bayi 1 tahun sudah lebih bervariasi. Di masa ini, bayi sudah bisa berganti dari konsumsi ASI ke susu sapi. Anda juga sudah bisa memberikan berbagai camilan padat, terlebih jika Anda sudah menyapihnya.

Meski begitu, hindari memberikan susu rendah lemak karena pada usia ini bayi membutuhkan lemak tambahan untuk pertumbuhan otak yang sehat. Susu atau makanan rendah lemak baru bisa Anda berikan ketika bayi berusia dua tahun itu pun dengan pengawasan atau saran dari ahli gizi.

makanan bayi 1 tahun - alodokter

Pada usia 1 tahun akan ada banyak perubahan dalam pola makan Si Kecil. Berat badannya akan tumbuh sangat cepat, yaitu mencapai tiga kali lipat berat badan pada waktu lahir. Namun, setelahnya ada kemungkinan berat badan justru melambat dan selera makannya berubah dikarenakan adanya perubahan aktivitas.

Jangan terkejut ketika Anda mendapati bayi yang sangat menyukai makanan tertentu selama minggu ini, namun menjadi tidak menyukainya sama sekali pada minggu berikutnya. Perubahan pola makan yang mungkin terjadi adalah pada siang hari bayi makan banyak, namun di malam hari tidak berselera untuk makan. Hal tersebut normal terjadi pada bayi usia 1 tahun.

Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Anda tidak perlu bingung dalam memilihkan menu makanan bayi 1 tahun. Beberapa resep di bawah ini dapat Anda coba.

Seafood – campur ikan salmon dengan 2 sdm keju. Aduk rata dan padukan bersama kentang tumbuk.

Semangka – hancurkan dua mangkok semangka tanpa biji. Tambahkan satu mangkok stroberi dan ¼ cangkir yoghurt rasa vanilla. Dinginkan dan siap dihidangkan.

Pisang – potong pisang sekitar 2 cm. Tambahkan susu cokelat kental manis. Hidangkan sebagai camilan.

Kacang-kacangan – rebus dan tumbuk kacang-kacangan (kacang merah atau jenis kacang lainnya), kemudian tambahkan yoghurt. Siap dihidangkan.

Panekuk – Anda dapat menggunakan adonan panekuk instan. Setelah matang, tambahkan yoghurt dan buah-buahan di atasnya.

Meski banyak bahan makanan yang sudah dapat dibuat sebagai menu makanan bayi 1 tahun, waktu pemberian makanan tetap perlu disesuaikan. Waktu yang disarankan adalah tiga kali makanan utama dan 2-3 kali makanan selingan. Berikan porsi yang kecil karena kapasitas perut bayi masih sedikit pada usia ini. Selain itu, bayi pun belum bisa makan dengan jumlah besar dalam satu kali makan.

Selain bervariasi, makanan bayi 1 tahun sudah bisa disamakan dengan makanan untuk dewasa, namun pastikan bahwa makanan tersebut tidak mengandung banyak garam. Karena itu, hindari memberikan makanan siap saji kepada bayi 1 tahun karena makanan cepat saji pada umumnya mengandung banyak garam.

Beri Kesempatan Sesekali untuk Makan Sendiri

Bayi 1 tahun mulai tertarik untuk makan sendiri. Berilah kesempatan untuk melatih jari-jarinya. Sesekali menyuapkan makanan ke mulut juga tidak apa-apa karena efektif juga dalam melatih sistem koordinasi motorik. Berikan sendok agar bayi makin tertarik untuk makan.

Meskipun kadang-kadang belum pas dalam memasukkan makanan ke mulut menggunakan sendok, makan sendiri bisa membantu dirinya berlatih dalam memegang peralatan makan tersebut. Tentu saja Anda pun masih harus membantunya dalam menyuapkan makanan agar proses makan menjadi lebih cepat, terutama ketika bayi sedang lapar.

Meskipun makanan bayi 1 tahun sudah lebih mudah, Anda tetap harus berhati-hati dalam memberikannya. Hindari memberikan makanan yang mungkin membuatnya tersedak, seperti buah yang dipotong terlalu besar atau kacang-kacangan yang sulit dikunyah. Jadi lebih disarankan untuk selalu mendampingi bayi tiap waktu makan.