Atasi Kekurangan Vitamin D dengan Cara-cara Ini

Menghindari pajanan sinar matahari, alergi terhadap produk berbahan susu, hingga melakukan diet vegan yang ketat nyatanya dapat membuat Anda berisiko mengalami kekurangan vitamin D.

Vitamin D merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh yang turut berperan dalam membantu proses penyerapan kalsium dari makanan. Dengan kata lain, asupan vitamin D baik untuk kesehatan tulang. Karena itulah, penting untuk memastikan bahwa tubuh Anda tidak kekurangan vitamin D.

sadari manfaat lemak tak jenuh tunggal dari sekarang - alodokter

Beberapa hal dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan vitamin D. Tubuh tidak cukup mengonsumsi atau menyerap vitamin D atau ginjal yang tidak mampu mengubah vitamin D ke dalam bentuk aktifnya di dalam tubuh merupakan beberapa contoh penyebab. Kemudian apa yang terjadi? Pada anak-anak, kekurangan vitmain dapat menimbulkan penyakit rakitis, di mana tulang akan menjadi lunak dan bengkok. Sedangkan pada orang dewasa, kondisi ini dapat berakhir pada penyakit osteomalasia yang menyebabkan kelemahan otot dan nyeri tulang.

Mengatasi Kekurangan Vitamin D

Pada dasarnya, kekurangan vitamin D bisa diatasi secara alami dengan paparan sinar matahari sebagaimana kandungan sinar UV adalah sumber alami terbaik vitamin D. Meski begitu, jangan berlebihan karena dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Namun jika cara alami ini belum bisa mencukupi kebutuhan vitamin D, Anda bisa melakukan beberapa cara pendukung di bahwa ini.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan kandungan Vitamin D

Meskipun mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin D hanya akan berdampak kecil karena kandungan vitamin D pada makanan hanya berkisar 10 persen saja, Anda tetap harus mengonsumsinya agar kebutuhan vitamin D tercukupi dengan baik. Adapun makanan yang mengandung vitamin D adalah telur, hati sapi, ikan makarel, salmon, margarin, dan susu rendah lemak.

  • Cukupi kebutuhan kalsium

Vitamin D dan kalsium akan bekerja sama dalam pembentukan tulang yang kuat. Karena itu, pastikan bahwa asupan kalsium yang masuk ke tubuh tercukupi dengan baik. Untuk mencukupi asupan kalsium, Anda dapat mengonsumsi berbagai produk berbahan susu, aneka jenis sayuran, ikan, tahu, dan aneka jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond.

  • Konsumsi suplemen vitamin D

Bagi sebagian orang, suplemen vitamin D mungkin dapat membantu mencukupi asupan vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan petunjuk mengenai konsumsi suplemen vitamin D yang benar.

Efek Samping Vitamin D yang Berlebih

Mengetahui batas aman konsumsi vitamin D bisa menjadi langkah pendukung yang tepat untuk menghindari terjadinya efek samping akibat kelebihan vitamin D. Pasalnya, bukan hanya kekurangan vitamin D saja yang berbahaya, kelebihan vitamin D juga akan membawa efek samping pada kesehatan Anda. Dosis batas atas asupan harian vitamin D akan berbeda-beda berdasarkan pengelompokkan usia, yaitu:

Usia dewasa, wanita menyusui, dan anak usia 9 tahun ke atas

Paling banyak 4.000 IU/hari.

Usia anak 1-8 tahun

Paling banyak 2.500-3.000 IU/hari

Usia bayi

Paling banyak 1.000-1.500 IU/hari

Lebih dari dosis yang dianjurkan, maka Anda akan berisiko mengalami kelebihan vitamin D. Jumlah vitamin D yang berlebih dapat menyebabkan keracunan yang ditandai dengan:

  • Mual
  • Muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Sembelit
  • Merasa lemah
  • Penurunan berat badan

Selain itu, kelebihan vitamin D yang disertai dengan peningkatan kadar kalsium dalam darahi dapat mengakibakan seseorang mengalami masalah terkait irama jantung, disorientasi, kebingungan, hingga dapat merusak ginjal. Diskusikan dengan dokter mengenai dosis suplemen yang dibutuhkan tubuh secara tepat demi bisa mengatasi penyakit tulang, sekaligus mencegah kelebihan dosis vitamin D