Masa Inkubasi DBD Sebelum Munculnya Gejala

Masa inkubasi DBD (Demam Berdarah Dengue) bervariasi antara 3-15 hari. Pada umumnya adalah 4 hari. Masa inkubasi terjadi setelah Anda mendapat gigitan nyamuk yang membawa virus penyakit DBD hingga muncul tanda dan gejala yang menunjukkan bahwa Anda mengidap DBD.

Gejala yang umum pada demam berdarah adalah demam tinggi mendadak disertai mual dan muntah, sakit kepala, nyeri orbital (sakit di belakang mata), lelah, muncul ruam pada kulit 2-5 hari setelah demam, serta perdarahan di gusi atau hidung.

masa inkubasi DBD - alodokter

Perjalanan Virus DBD

Penyebar utama dari penyakit DBD adalah nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina yang telah terinfeksi virus DBD, dapat menularkan virus saat menggigit manusia. Virus tersebut akan berdiam di dalam tubuh manusia dan mengalami masa inkubasi sebelum akhirnya menimbulkan penyakit.

Setelah virus masuk ke dalam tubuh nyamuk, nyamuk tersebut dapat terus menginfeksi manusia sepanjang hidupnya. Manusia yang sudah terinfeksi juga dapat menularkan virus tersebut pada nyamuk yang belum terinfeksi, yaitu pada saat nyamuk Aedes aegypti menggigit.

Nyamuk penyebab penyakit DBD ini banyak terdapat di perkotaan. Nyamuk Aedes aegypti memiliki habitat dan kebiasaan tersendiri, misalnya berkembang biak di wadah-wadah yang tergenang air. Nyamuk-nyamuk ini paling sering menggigit mangsanya pada pagi hari, serta sore hari menjelang malam. Karena itu, waspadailah gigitan nyamuk pada waktu-waktu tersebut.

Inkubasi Ekstrinsik dan Intrinsik

Pada penyakit DBD ada istilah masa inkubasi ekstrinsik dan intrinsik. Masa inkubasi ekstrinsik adalah masa sejak virus DBD masuk ke dalam tubuh nyamuk, sampai nyamuk tersebut menjadi infeksius dan dapat menularkan virus DBD ke manusia. Masa inkubasi ekstrinsik virus DVD ini biasanya terjadi sekitar 8-12 hari.

Sedangkan yang dimaksud dengan masa inkubasi intrinsik adalah masa sejak virus DBD masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi, sampai timbulnya gejala penyakit DBD.

Dari sisi medis, masa inkubasi intrinsik lebih penting diperhatikan daripada ekstrinsik. Lamanya masa inkubasi intrinsik ini bervariasi berdasarkan literatur yang berbeda. Ada yang menyatakan lamanya 4-10 hari, dan literatur yang lain menyebutkan 3-14 hari. Akan tetapi, pada umumnya, lama inkubasi intrinsik ini akan berlangsung sekitar 4-7 hari.

Sementara dari sisi kesehatan lingkungan, kedua masa inkubasi tersebut penting untuk diketahui demi menemukan diagnosa klinis, investigasi wabah, penerapan program pencegahan dan pengendalian penyebaran virus DBD.

Selain masa inkubasi, Anda juga perlu mengetahui pentingnya periode laten, yaitu periode antara mulainya infeksi hingga masa penularan. Sayangnya mengenai periode ini masih sedikit data yang menjelaskan.

Masa inkubasi DBD memang sulit dikenali karena tidak menunjukkan gejala apapun, sehingga penderita tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi dan sedang dalam masa inkubasi. Namun setelah gejala  mulai muncul, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Waspadai kemungkinan virus DBD juga sudah menginfeksi orang-orang yang berada di lingkungan yang sama dengan penderita, tetapi masih berada dalam masa inkubasi sehingga belum menunjukkan gejala.