Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi. Bubuk kopi juga dapat diolah dengan paduan bahan lain untuk menjadi masker yang diklaim bermanfaat mengangkat sel kulit mati.

Masker adalah paduan bahan yang dioleskan pada permukaan wajah, dibiarkan selama beberapa waktu hingga mengering, untuk kemudian dibilas bersih. Proses pendiaman bertujuan agar bahan aktif dalam masker tersebut meresap ke dalam kulit.

Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda-Alodokter

Kaya akan Kandungan Antioksidan

Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai paduan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian, termasuk kopi. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi sendiri adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines, yang akan  menjadi makin aktif setelah dipanggang.

Meski manfaat kopi yang dioleskan pada kulit sebagai masker belum terbukti, namun yang pasti antioksidan sendiri sangat dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas agar tetap awet muda. Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Dari luar tubuh, radikal bebas dapat ditimbulkan dari asap rokok dan radiasi sehingga menyebabkan penuaan kulit lebih dini.

Membuat Masker Kopi Sendiri

Berbagai bahan dapat dipadukan ke dalam masker kopi. Yogurt, susu, minyak zaitun, atau madu dapat ditambahkan jika Anda memiliki kulit kering. Sedangkan lemon dapat dipadukan untuk membantu mengatasi kulit berminyak.

Jika kopi dipadukan dengan bubuk cokelat, masker ini dapat mengurangi bengkak pada area sekitar mata dan wajah, mencerahkan kulit sehingga tidak lagi terlihat kusam. Oleh karena klaim manfaat ini, bubuk kopi telah menjadi bahan favorit paduan dalam masker kecantikan

Berikut adalah resep yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • 2 sendok makan madu untuk kulit kering, atau jus lemon jika kulit Anda berminyak.
  • 4 sendok makan bubuk atau biji kopi yang telah dihaluskan.
  • 4 sendok makan bubuk cokelat tanpa paduan pemanis/gula.
  • 8 sendok makan susu atau yogurt tanpa rasa, santan, atau susu almond. Anda juga dapat menggunakan telur, minyak zaitun, atau minyak kelapa asli.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Ikuti instruksi di bawah ini.

  • Campurkan bubuk kopi dan bubuk cokelat, serta tambahkan susu hingga terbentuk adonan masker. Jika ingin masker yang kental, penggunaan susu dapat dibatasi.
  • Tambahkan madu lalu aduk hingga tercampur merata
  • Sapukan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan.
  • Biarkan mengering.

Untuk membersihkan wajah dari masker, tekan kain basah halus yang sudah direndam dalam air hangat ke wajah Anda hingga masker mengendur dan terlepas. Hindari menggosokkan kain tersebut ke wajah, terutama jika kulit Anda tergolong sensitif.  Selain itu jika kopi masih berupa biji yang harus digiling, pastikan biji tersebut tergiling halus sehingga tidak melukai wajah.

Meski manfaat kopi untuk kulit belum terbukti secara ilmiah, namun mengingat bahan-bahannya yang alami dan mudah didapat, tidak ada salahnya mencoba masker kopi di atas. Tapi bila ternyata kulit Anda alergi terhadap masker ini, segeralah memeriksakannya ke dokter.