Masker Susu Buatan Sendiri Bisa Diandalkan Kapan Saja

Masker susu dapat digunakan pada wajah dengan manfaat kecantikan yang bermacam-macam. Misalnya untuk membantu menyegarkan wajah, mengecilkan pori-pori, menjaga kulit lembap dan terhidrasi, serta tampak makin bersinar.

Kabar baiknya, Anda tidak harus menghabiskan uang banyak-banyak untuk mendapatkan masker susu, sebab Anda dapat membuat masker ini menggunakan bahan-bahan yang biasanya terdapat di dapur rumah sendiri.

masker susu - alodokter

Resep Masker Susu

Masker susu dan produk kecantikan yang dibuat sendiri memiliki banyak kelebihan, yaitu bebas dari bahan pengawet, pewarna buatan, dan wewangian yang tidak alami. Jadi, lebih aman bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena mengurangi potensi mengiritasi kulit.

Berikut ini beberapa resep masker susu yang dapat Anda buat sendiri:

Masker susu dan madu

Siapkan beberapa sendok susu bubuk, campur dengan dua sendok makan madu (bisa diganti dengan jus lemon atau baking soda, atau campur ketiga bahan ini). Tambahkan vitamin E untuk menambah kandungan nutrisi pada masker.

Cara memakainya, oleskan pada wajah dan diamkan sampai masker mengeras, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Masker susu dan gula merah

Siapkan satu sendok makan susu dan satu cangkir gula merah. Campurkan dan aduk hingga merata. Oleskan pada wajah dalam waktu satu menit, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Susu yang bersifat sebagai pembersih akan makin lengkap dengan gula merah yang membantu mengangkat kulit mati.

Masker susu untuk bercak-bercak hitam

Ambil kapas secukupnya, lalu rendam di dalam susu. Oleskan kapas tersebut pada bercak-bercak hitam di wajah dan diamkan semalaman. Paginya, bilas wajah sampai bersih.

Asam laktat yang ada pada susu berpotensi untuk mencerahkan wajah. Oleh karena itu dapat membantu menghilangkan bercak-bercak hitam pada wajah Anda.

Masker susu untuk mengecilkan pori-pori

Tambahkan susu dengan buttermilk atau krim asam. Oleskan campuran ini pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Susu yang dicampur dengan bahan asam tersebut bermanfaat untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Masker susu sebagai toner

Ambil susu cair secukupnya dan oleskan ke wajah menggunakan kapas. Anda hanya perlu mendiamkannya selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah.

Tips Menggunakan Susu untuk Masker

Dalam memakai masker susu sebagai ramuan perawatan kulit wajah, ada beberapa hal yang harus diketahui agar penggunaannya bisa menjadi lebih optimal.

Tidak hanya susu sapi

Kebanyakan orang hanya terpaku pada susu sapi untuk perawatan wajah. Susu ini memang terkenal kebaikannya untuk kulit,namun jangan lupakan susu kambing yang juga memiliki manfaat baik. Susu kambing bisa digunakan sebagai perawatan kulit wajah juga karena susu jenis ini memiliki pH yang hampir sama dengan pH kulit manusia. Pilihan lain adalah menggunakan susu bubuk.

Pilih susu yang tinggi lemak

Makin tinggi kadar lemak pada susu tersebut, maka makin baik pula digunakan untuk perawatan wajah. Lemak pada susu bermanfaat untuk melembapkan kulit. Susu tinggi lemak dapat Anda temukan pada susu sapi, susu kambing, yoghurt, dan krim asam.

Produk masker susu siap pakai

Saat ini sudah banyak produk masker susu siap pakai. Jika belum sempat membuat masker susu sendiri, Anda dapat mencoba produk siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Khasiatnya sama saja dan Anda masih dapat menambahkan bahan-bahan campuran lain jika perlu.

Tampaknya manfaat masker susu ini cukup menggiurkan sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya. Lakukan secara rutin dalam jangka waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.