Mau Pergi Siang-siang? Yuk ah, Dipakai Kacamata Hitamnya

Sebagian orang menganggap kacamata hitam sebagai bagian dari gaya atau fesyen. Padahal, menggunakan kacamata hitam sudah seharusnya menjadi hal yang wajib untuk kesehatan mata kita.

Indeks UV (ultraviolet) di Indonesia, khususnya Jakarta sudah semakin tinggi. Jika pada tahun 2010 indeks UV di Jakarta hanya 8, namun kini indeks UV sudah mencapai angka 12. Dan ini bukan hal yang main-main lho. Karena semakin tinggi angka indeks UV, maka semakin banyak bahaya juga bagi tubuh, salah satunya mata. Itulah kenapa Anda tidak boleh lupa mengenakan kacamata hitam saat berpergian.

mau pergi siang siang yuk ah dipakai kacamata hitamnya - alodokter

Indeks UV adalah ukuran yang menunjukkan seberapa kuat radiasi sinar UV yang mungkin terjadi dalam jangka waktu dan tempat tertentu. Indeks UV digunakan agar seseorang dapat secara efektif menghindari bahaya radiasi sinar UV. Normalnya, kulit tanpa perlindungan akan terbakar setelah terpapar selama 30 menit oleh index UV 6. Nah, pada indeks UV 12, sudah seharusnya seseorang memberikan perlindungan lebih kepada tubuhnya, terutama mata. Perlindungan terhadap mata dari sinar UV bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata hitam.

Kenapa Mata Perlu Perlindungan?

Perlindungan terhadap mata penting untuk melindungi jaringan di sekitar mata yang tergolong rapuh. Hal ini dikarenakan kulit pada bagian mata, misalnya kelopak mata, sangatlah tipis dan rentan terkena kanker kulit.

Tidak hanya kanker kulit, radiasi sinar UV terhadap mata bisa meningkatkan risiko penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, pingueculum, dan pterygium. Pingueculum yaitu munculnya benjolan kekuningan pada bagian putih mata. Sedangkan pterygium terjadi ketika konjungtiva (jaringan yang melapisi putih mata) tumbuh ke dalam kornea.

Sedangkan efek akut dari radiasi sinar UV ini adalah fotokonjungtivitis dan fotokeratitis yaitu inflamasi yang terjadi pada Fotokonjungtivitis adalah inflamasi pada konjungtiva (lapisan terluar bagian putih mata), sedangkan fotokeratitis adalah inflamasi yang terjadi pada kornea.

Bagaimana Memilih Kacamata yang Tepat?

Nah, untuk bisa melindungi mata dari sinar UV yang bisa berbahaya bagi mata, Anda perlu mengenakan kacamata hitam. Tapi, tentunya tidak asal pilih. Berikut ini adalah beberapa cara memilih kacamata yang tepat.

  • Warna kacamata
    Sebagian orang mungkin sering menyebutnya sebagai kacamata hitam. Tapi warnanya tidak hanya hitam, tapi juga ada coklat, abu-abu, kuning, hijau, bahkan gradasi merah pun juga ada. Untuk memilih warna kacamata yang tepat sangat penting agar tidak mengganggu pandangan. Jika Anda mengendarai kendaraan, sebaiknya gunakan kacamata dengan warna coklat, hijau, atau abu-abu, karena warna-warna tersebut meminimalkan distorsi warna.
  • Pilih kacamata dengan perlindungan UVA/UVB
    Karena tujuannya untuk melindungi mata. Maka jangan lupa perhatikan perlindungan yang ada dalam kacamata tersebut. Misalnya, pilih kacamata yang pada bagian kacamata tertulis telah memenuhi standard yang sudah ditentukan. Lensa yang memberikan perlindungan 99% atau 100% terhadap sinar UVA dan UVB, atau memiliki perlindungan UV 400.
  • Pilih kacamata yang lebih besar
    Memilih kacamata yang lebih besar merupakan salah satu hal yang penting. Dengan ukuran kacamata yang lebih besar, maka artinya daerah sekitar mata yang terlindungi pun akan lebih lebar. Selain itu, dianjurkan memilih kacamata yang terpasang dengan baik di wajah Anda. Misalnya tidak mudah turun, dan pada saat dikenakan posisinya tidak jauh dari alis. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi cahaya yang masuk dari bagian atas.

Menggunakan kacamata tidak hanya bisa membuat Anda langsung terlihat gaya seperti artis film, tapi juga merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Pintar-pintarlah dalam memilih kacamata hitam, jangan asal ambil hanya karena warnanya gelap. Pilihlah kacamata dengan perlindungan terhadap sinar UV dan memiliki tanda standarisasi.

Sudah tahu kacamata yang tepat seperti apa? Sekarang, mulai biasakan pakai kacamata hitam. Tidak hanya untuk diri Anda, tapi juga anak Anda agar terbiasa sejak kecil dan terlindungi dengan baik.