Mau Tahu Tips Meredakan Hidung Tersumbat?

Menderita rasanya ketika mengalami hidung tersumbat. Aktivitas sehari-hari jadi terganggu akibat sulit bernapas. Belum lagi saat waktu tidur tiba, tidur menjadi tidak nyenyak akibat harus mengubah posisi tidur ke arah kanan dan kiri demi bisa bernapas. Sudah pernah atau sedang mengalami hal serupa? Tenang, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meredakannya.

Hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih. Kondisi ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus. Beberapa kondisi yang mungkin bisa membuat hidung Anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis.

mau tahu tips meredakan hidung tersumbat - alodokter

Ketika mengalami hidung tersumbat, hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga kelembapan saluran hidung dan sinus.

Berikut langkah-langkah mudah untuk meredakan hidung tersumbat:

Minum banyak cairan.

Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembap.

Sering buang ingus.

Sangat penting untuk melakukan hal ini secara teratur jika hidung Anda tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu keras bisa membawa kuman kembali ke telinga Anda. Cara terbaik membuang ingus adalah menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung ketika Anda membuang ingus dengan lubang satunya.

Menghirup uap hangat.

Masukkan air ke panci, lalu masak hingga mendidih. Angkat dan kemudian hirup secara perlahan-lahan uap hangat yang dihasilkan dari air mendidih itu. Tapi hati-hati saat mempraktikkan hal ini karena uap tersebut bisa membuat hidung Anda melepuh. Selain cara tersebut, Anda juga bisa menikmati uap hangat saat mandi air hangat. Tidak hanya melegakan hidung tersumbat, mandi air hangat juga bisa membuat tubuh Anda rileks.

Cuci hidung dengan air garam.

Selain bisa melegakan hidung tersumbat, metode ini juga bisa menghilangkan virus dan bakteri yang berada di dalam hidung. Anda bisa membuat larutan air garam di rumah. Bahan-bahannya adalah tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk rata kedua bahan ini, lalu simpan di wadah yang kedap udara. Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, lalu masukkan ke 230 ml air hangat.

Isi larutan ini ke dalam syringe. Kemudian, bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala.Tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Biarkan hingga larutan itu mengalir keluar dari lubang hidung lainnya. Selama proses ini, Anda bisa bernapas menggunakan mulut.

Konsumsi minuman panas.

Minuman panas bisa meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput yang meradang serta mencegah dehidrasi. Minuman panas yang bisa Anda coba adalah teh herba yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu. Langkah ini sangat membantu pada saat Anda kesulitan bernapas ketika tidur di malam hari.

Tidur dengan bantal ekstra.

Cara ini mungkin bisa membantu menjadikan tidur Anda lebih nyenyak. Tidur dengan dua bantal di bawah kepala bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Selain dengan cara-cara sederhana di atas, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran, seperti decongestant, antihistamine, acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen sodium. Atau bisa juga mengonsumsi obat herba yang mengandung zinc, echinacea, dan vitamin C. Sebelum mengonsumsi, baca aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

Jika selama 10 hari Anda masih mengalami hidung tersumbat yang diiringi demam tinggi, terdapat darah pada ingus, atau ingus berubah warna menjadi hijau, segera temui dokter.