Memahami Gentle Birth dan Metode Alternatif Melahirkan Lainnya

Gentle birth merupakan teknik persalinan yang berfokus untuk mengurangi rasa takut Si ibu dan perasaan negatif lainnya saat melahirkan. Si ibu akan dituntun untuk merasakan ketenangan dan percaya diri saat melahirkan. Hal ini bertujuan agar ibu dapat memegang kendali penuh saat melahirkan serta memungkinkan untuk menjalani persalinan tanpa obat-obatan.

Salah satu metode gentle birth yang sudah banyak dikenal adalah hypnobirthing. Program ini terutama bertujuan agar proses persalinan lebih nyaman dan meminimalkan rasa sakit, tegang dan rasa takut. Kombinasi yang dilakukan hypnobirthing, terutama epemberian informasi persalinan, teknik relaksasi dan hipnosis pada diri sendiri (self-hypnosis).

gentle birth - alodokter

Efek Positif Hypnobirthing

Teknik hypnobirthing memiliki efek positif karena memungkinkan para ibu hamil tetap tenang dan terkendali pada saat proses melahirkan. Dengan begitu, ibu hamil tadi akan mampu untuk memberi persetujuan atau memilih segala sesuatu yang berkaitan dengan manajemen persalinan yang dijalani.

Hypnobirthing mengajarkan relaksasi yang mendalam. Dengan demikian hormon endorfin dan hormon oksitosin akan meningkat. Kedua hormon ini memberi efek menguntungkan pada persalinan. Salah satunya adalah karena endorfin merupakan pereda nyeri alami tubuh. Dengan demikian, ibu hamil akan merasa lebih tenang, sehingga proses persalinan yang lancar dan lebih nyaman dapat tercapai.

Teknik hypnobirthing yang diajarkan akan membuat ibu hamil mengenali tubuh sendiri dan tahu apa yang terjadi pada tubuh selama hamil dan melahirkan. Dengan demikian dapat mengurangi kecemasan, kelelahan, stres, dan rasa sakit.

Pilihan Metode Alternatif Melahirkan Lainnya

Selain hypnobirthing, ada beberapa metode lain yang juga berfokus kepada mengontrol rasa sakit saat melahirkan, yaitu:

  • Metode melahirkan di dalam air

Untuk melahirkan dengan metode waterbirth. Anda dapat menyewa kolam renang khusus atau ke tempat persalinan yang menyediakan fasilitas ini. Kolam akan diisi dengan air bersih yang hangat, sesuai dengan suhu tubuh, dengan batas tinggi air sepinggang orang dewasa. Waterbirth dapat mengurangi rasa sakit pada saat e, yaitu ketika serviks mulai melebar tetapi belum sampai pembukaan lengkap. Ketika bukaan sudah lengkap, Anda dapat melanjutkan proses mengejan di luar kolam atau tetap di dalam sehingga nantinya si bayi keluar dan ikut berenang bersama Anda. Metode ini juga akan membuat bayi lebih mudah melalui masa transisi ke dunia luar.

  • Metode melahirkan dengan menggunakan bantuan jarum akupunktur

Teknik pengobatan tradisional dari Cina ini adalah dengan menusukkan jarum kecil pada tubuh untuk merangsang titik-titik tertentu. Sebuah penelitian menunjukkan, akupunktur dapat menginduksi persalinan pada kondisi air ketuban sudah pecah. Sementara itu, terapi rutin akupunktur yang dilakukan sejak masa kehamilan akan mengurangi risiko penggunaan suntik epidural, serta disebut dapat membantu mengubah posisi bayi yang sungsang menjadi posisi normal.

  • Metode melahirkan di rumah

Metode melahirkan di rumah atau home birth, memang belum umum. Metode ini bertujuan agar ibu hamil tetap berada di lingkungan rumah yang nyaman dan santai, sehingga persalinan dapat berjalan lancar. Home birth dianggap melindungi wanita dari tindakan sayatan atau pemberian obat yang sebenarnya tidak perlu. Meskipun demikian, banyak dokter yang tidak menganjurkan metode gentle birth yang satu ini. Alasannya adalah jika ternyata ada hal darurat tidak dapat ditangani dengan cepat karena di rumah tidak ada peralatan medis yang memadai.

Banyak metode alternatif melahirkan termasuk gentle birth yang dapat Anda pilih untuk melahirkan dengan nyaman, santai, dan bebas stres. Namun sebelum menentukan pilihan sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin saja terjadi pada saat persalinan menggunakan metode tersebut.